22 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

SPBU Pertamina di Tulungagung Dibobol ‘Hacker PewDiePie’

Berita ini diberdayakan untuk kumparan.com

SPBU Pertamina di Tulungagung Diretas 'Hacker PewDiePie'

© Disediakan oleh Kumparan SPBU Pertamina di Tulungagung Diretas ‘Hacker PewDiePie’

Pendukung PewDiePie tampaknya tidak rela jika status idolanya sebagai YouTuber dengan subscriber terbanyak terancam digeser T-Series. Sejumlah gerakan yang mengajak agar orang-orang men-suscribe akun YouTube PewDiePie pun bermunculan di berbagai negara.

Setelah hebohnya situs The Wall Street Journal diretas oleh hacker pendukung PewDiePie, ternyata di Indonesia juga ada hacker yang beraksi untuk menyuarakan ‘Subscribeto PewDiePie’.

Sebuah SPBU Pertamina di Jepun, Tulungagung, Jawa Timur, menjadi korbannya. Tampilan harga produk dan teks berjalan secara digital pada totem SPBU tersebut diretas di mana teksnya diganti dengan ‘Subscribe to PewDiePie’ pada Senin (17/12).

Penampakan diretasnya totem SPBU tersebut diabadikan oleh seorang pemilik akun YouTube GearNard. Ia mengaku tidak sengaja melihat tampilan yang berbeda pada totem SPBU itu ketika dirinya mampir ke sana dalam perjalanan ke Malang.

Pihak Pertamina sendiri sudah menerima laporan mengenai peretasan tersebut dan sudah memperbaikinya. Hal ini dijelaskan oleh Rustam Aji selaku Humas Marketing Operation Region (MOR) V Jatimbalinus Pertamina.

Saat dihubungi kumparan, Rustam mengungkapkan peretasan yang dialami SPBU Pertamina 54.662.25 itu dilakukan dengan metode penggantian display harga melalui koneksi gadget atau smartphone dengan aplikasi ‘XLG PowerLed’.

“Sinkronisasi kemungkinan dilakukan melalaui Wi-Fi atau Bluetooth, secara jarak dekat (close range). Untuk dapat tersambung (connected), diperlukan pairing (totem dengan gadget), menggunakan akses password. Pihak SPBU saat kejadian belum mengganti password yang diberikan produsen totem,” jelas Rustam.

Ilustrasi Pertamina

© Disediakan oleh Kumparan Ilustrasi Pertamina

Setelah peretasan itu diketahui, pihak SPBU melakukan reset dan restart sistem operasi totem sehingga display harga dan running text-nya kembali normal. Untuk mencegah terjadinya hal serupa, pihak SPBU juga sudah mengganti password sistem operasi totemnya.

“Pertamina mengingatkan kepada para pengelola SPBU untuk memeriksa kembali password sistem operasi totem digital di SPBU-nya,” ujar Rustam.

Aksi hacker mendukung PewDiePie

Saat ini, posisi PewDiePie sebagai akun YouTube dengan subscriber terbanyak memang terancam oleh channel hiburan India, T-Series. Hingga berita ini ditayangkan, jumlah subscriber keduanya hanya berselisih tipis.

PewDiePie dengan 77.751.077 subscriber, sedangkan T-Series sudah memiliki 76.298.656 subscriber.

Berbagai prediksi tentang PewDiePie bakal jatuh dari takhtanya sebagai raja YouTube pun mulai mengemuka selama setahun ini.

PewDiePie

© Disediakan oleh Kumparan PewDiePie

Sebelumnya, terjadi sejumlah aksi peretasan yang mengajak orang-orang untuk subscribe akun YouTube PewDiePie. Selain kasus The Wall Street Journal yang diretas oleh hacker dengan menampilkan tulisan dukungan kepada PewDiePie di situsnya, ada juga kasus di mana 50 ribu printer dibobol yang secara otomatis mencetak selembar kertas bertuliskan perintah untuk subscribe akun PewDiePie.

Perbincangan mengenai terancamnya posisi PewDiePie memang cukup hangat selama tahun 2018. Ancaman T-Series bisa dibilang serius untuk PewDiePie, mengingat channel tersebut tidak diurus oleh individu. 

Dalam sehari, T-Series mampu mengunggah hingga enam video, sementara PewDiePie hanya bisa upload video baru tak lebih dari dua. Akankah PewDiePie akan turun dari singgasananya di YouTube?(Jofie Yordan)

%d blogger menyukai ini: