29 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Bila Terbukti Curi Listrik, Vicky Prasetyo Terancam Penjara 7 Tahun

Berita ini diberdayakan untuk kumparan.com

Vicky Prasetyo

© Disediakan oleh Kumparan Vicky Prasetyo

Angel Lelga mengungkapkan informasi baru soal kejahatan yang diduga dilakukan oleh Vicky Prasetyo dan keluarganya. Kata Angel, Vicky dan keluarganya melakukan pencurian listrik.

Rumah Vicky di Bulak Kapal, Bekasi, diduga menggunakan listrik negara secara gratis alias mencuri selama bertahun-tahun.

Undang Undang Nomor 30 Tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan (UU Ketenagalistrikan) sudah memuat Ketentuan Pidana terkait pencurian listrik.

“Setiap orang yang menggunakan tenaga listrik yang bukan haknya secara melawan hukum dipidana dengan pidana penjara paling lama 7 tahun dan denda paling banyak Rp 2,5 miliar,” demikian bunyi Pasal 51 ayat 3 UU Ketenagalistrikan seperti dikutip kumparan, Jumat (21/12).

Ilustrasi penyambungan listrik

© Disediakan oleh Kumparan Ilustrasi penyambungan listrik

Terkait dugaan pencurian listrik tersebut, PT PLN (Persero) menyatakan akan menindaklanjutinya. Sebab, pencurian listrik termasuk tindak pidana yang merugikan negara serta masyarakat.

“Wah gawat itu (kalau benar), nanti kita tindaklanjuti,” kata Executive Vice President Corporate Communication and CSR PT PLN (Persero), I Made Suprateka, kepada kumparan.

Pencurian listrik, ia menambahkan, dapat membahayakan diri sendiri dan masyarakat sekitar. Sebab, listrik diambil langsung dari jaringan tanpa melalui instalasi. Ini bisa menimbulkan kebakaran.

“Itu berbahaya karena terkait masalah instalasi. Kalau langsung ngambil listrik dari jaringan kan bisa panas,” tuturnya.(Michael Agustinus)

%d blogger menyukai ini: