25 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

7 Anak Presiden ini Pilih Berbisnis Ketimbang Politik

Berita ini diberdayakan untuk cermati.com

“Like father, like son”

Frasa ini kerap jadi bukti bagaimana seorang ayah, seperti itulah sang anak. Dengan kata lain, anak adalah cerminan dari orangtuanya. Atau biasa kita kenal dengan peribahasa “buah jatuh tak jauh dari pohonnya”.

Tak heran bila anak-anak cenderung mengikuti jejak orangtuanya untuk menjadi apa di masa depan kelak. Banyak anak yang menjadikan orangtuanya sebagai role model saat dewasa nanti.

Sebagai contoh, apabila orangtuanya sebagai dokter, maka sang anak juga bercita-cita sama. Meski tak selalu demikian, namun pada umumnya kecenderungan ini kerap terjadi.

© Disediakan oleh PT. Dwi Cermat Indonesia

Menjadi apa orangtuanya, begitulah biasanya sang anak mengikutinya. Tapi sepertinya hal ini tak berlaku bagi anak-anak presiden ini yang memilih tidak mengikuti jejak sang ayah untuk berpolitik menjadi orang nomor satu di negaranya.

Siapa sajakah itu? Berikut Cermati.com himpun tujuh anak-anak presiden di dunia yang memilih terjun di dunia bisnis ketimbang menekuni jalur politik seperti ayahnya.

1. Gibran Rakabuming Raka

Gibran Rakabuming Raka

© Disediakan oleh PT. Dwi Cermat Indonesia Gibran Rakabuming Raka

Gibran Rakabuming Raka via tribunnews.com

Siapa yang tak kenal anak sulung Presiden RI ke-7, Joko (Jokowi) Widodo ini. Ya, Anak pertama Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, yang lahir di Surakarta, 1 Oktober 1987 ini mengaku memantabkan diri untuk menekuni dunia bisnis.

Gibran dikenal dengan bisnis kulinernya yakni Markobar yang dikembangkan pada 2015 lalu dan Catering and Wedding Organizer Chili Pari yang dirintisnya sejak tahun 2010. Ia juga menunjukkan lebih nyaman berbisnis ketimbang berpolitik.

2. Kaesang Pangarep

Kaesang Pangarep

© Disediakan oleh PT. Dwi Cermat Indonesia Kaesang Pangarep

Kaesang Pangarep via Mediaindonesia.com

Senada dengan sang kakak, putra kedua Jokowi, Kaesang Pangarep, yang juga lahir di Surakarta, 25 Desember 1994 juga memilih berbisnis daripada berpolitik seperti ayahnya. Terbukti, dirinya telah merintis bisnis kulinnernya yakni makanan ringan berbahan dasar pisang, dengan nama Sang Pisang.

Baik Gibran maupun Kaesang, keduanya sempat menegaskan bahwa dirinya tak tertarik mengikuti jejak ayahnya untuk terjun di dunia politik. Mereka mengaku lebih nyaman berkecimpung dan menekuni bisnis yang dirintisnya.

3. Ilham A. Habibie

Ilham Habibie

© Disediakan oleh PT. Dwi Cermat Indonesia Ilham Habibie

Ilham A. Habibie via Gnews.com

Pemilik nama lengkap Ilham Akbar Habibie yang merupakan anak Presiden ke-3 Republik Indonesia, Bachruddin Jusuf (B.J.) Habibie, ini juga menekuni dunia bisnis. Ia menjadi CEO dan Direktur Ilthabi Rekatama.

Bisnis pria kelahiran Aachen, Jerman, 16 Mei 1963 ini di bidang teknologi informasi yakni PT Ilthabi Digital Edukasi, industri manufaktur, sumber daya alam di bawah PT Iltabhi Energia, PT Krakatau Ilthabi Adhijaya dan PT Ilthabi Sentra Herbal, serta jasa keuangan.

4. Bambang Trihatmodjo

Bambang Trihatmodjo

© Disediakan oleh PT. Dwi Cermat Indonesia Bambang Trihatmodjo

Bambang Trihatmodjo via kapanlagi.com

Anak kedua Presiden RI ke-2, Soeharto, ini juga memilih karier berbisnis ketimbang terjun ke dunia politik. Pria kelahiran Surakarta, 23 Juli 1953, ini menjadi salah satu pendiri perusahaan yang bergerak di bidang media dan telekomunikasi, PT Bimantara Citra.

Setidaknya sudah ada sekitar 65 perusahaan yang dikembangkan mulai dari sektor perdagangan, perkebunan, perikanan, industri makanan, industri kimia, pariwisata, asuransi, kontsruksi, perumahan, transportasi, televisi swasta yang saat ini menjabat sebagai Komisaris NET. tv, dan lainnya.

5. Neil M. Bush

Neil M. Bush

© Disediakan oleh PT. Dwi Cermat Indonesia Neil M. Bush

Neil M. Bush via Medicaldaily.com

Berbeda dengan kedua kakaknya, George Walker Bush yang merupakan Presiden Amerika Serikat ke-43 dan mantan Gubernur Florida, John Ellis (Jeb) Bush, Neil Bush lebih memilih berbinis ketimbang terjun ke dunia politik mengikuti jejak sang ayah, Presiden AS ke-41 George Herbert Walker Bush.

Neil Bush yang lahir di Texas, 22 Januari 1955 menggeluti beberapa bisnis seperti mendirikan Ignite! Learning, yakni sebuah perusahaan perangkat lunak pendidikan. Selain itu, ia juga sebagai investor di beberapa perusahaan keuangan.

6. Marvin P. Bush

Marvin Bush

© Disediakan oleh PT. Dwi Cermat Indonesia Marvin Bush

Marvin P. Bush via Youtube.com

Tak beda dengan sang kakak Neil Bush, anak ke-5 dari mantan Presiden AS George H.W. Bush ini juga memilih terjun ke dunia bisnis daripada berpolitik. Ia lebih menekuni bisnis ketimbang mengikuti jejak sang ayah.

Marvin Pierce Bush, pria kelahiran Midland, Texas, United States, 22 Oktober 1956 ini berkecimpung di bisnis asuransi bernama HCC Insurance Holdings.

7. Ong Tze Boon

Ong Tze Boon

© Disediakan oleh PT. Dwi Cermat Indonesia Ong Tze Boon

Ong Tze Boon via Redwiressingapore.com

Ong Tze Boon, anak dari Presiden Singapura ke-5, Ong Teng Cheong, ini juga memilih menekuni kariernya sebagai pebisnis sukses dan sama sekali tak melirik dunia politik.

Dengan kemahirannya di bidang arsitektur, pria yang lahir di Singapura tahun 1968 ini mengembangkan perusahaan desain lingkungan terpadu yang berbasis di Singapura, ONG & ONG.

Pilih dan Tentukan Karier Sesuai ‘Passion’

Itulah ketujuh anak-anak presiden di dunia yang memutuskan untuk berbisnis, tidak ‘mengekor” sang ayah terjun ke dunia politik. Akan tetapi, mereka lebih memilih menentukan sendiri karier yang memang menjadi keinginannya.

Mereka menunjukkan bahwa berbisnis adalah dunianya. Bagaimana dengan Anda? Percaya dengan keinginan dan kemampuan sendiri, atau memang ingin mengikuti jejak orangtua? Pilih dan tentukan karier sesuai passion Anda.(Fitriya Fitriya)

Baca Juga: 7 Usaha Ini Makin Diuntungkan karena Pelemahan Rupiah

%d blogger menyukai ini: