26 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Cara Gampang Melakukan Voice Call dan Video Call di Grup WhatsApp

Berita ini diberdayakan untuk kumparan.com

Ilustrasi WhatsApp

© Disediakan oleh Kumparan Ilustrasi WhatsApp

Aplikasi pesan instan terus melakukan inovasi yang bikin pengguna makin nyaman. Sekarang, WhatsApp membawa fitur baru yang bikin kita bisa voice call dan video call yang makin gampang di grup WhatsApp.

Voice call dan video call di WhatsApp sebelumnya sudah bisa dilakukan. Tapi, kita harus memulai panggilan itu dengan mengundang satu per satu pengguna. Enggak bisa langsung ke banyak orang. Sekarang, WhatsApp mempermudah cara itu supaya bisa melakukan panggilan grup secara langsung.

Cara ini diperbarui sehingga pengguna dapat memulai panggilan grup hanya dengan beberapa ketukan. Pembaruan ini telah tersedia secara global untuk pengguna iPhone dan akan segera meluncur untuk perangkat Android. Begini caranya:

1. Pengguna bisa langsung memilih grup chat mana yang ingin melakukan panggilan. Kemudian, di samping nama grup di bagian atas akan muncul logo telepon dengan tanda plus (+).

Fitur Voice dan Video Call di WhatsApp Group

© Disediakan oleh Kumparan Fitur Voice dan Video Call di WhatsApp Group

2. Akan keluar halaman baru dengan siapa kita mau melakukan panggilan di grup. Pengguna bisa memilih tiga teman untuk melakukan panggilan langsung. Jadi, panggilan ini maksimal hanya untuk empat orang, ya.

3. Selanjutnya, pengguna harus menekan tombol panggilan audio atau video untuk memulai panggilan.

Fitur Voice dan Video Call di WhatsApp Group

© Disediakan oleh Kumparan Fitur Voice dan Video Call di WhatsApp Group

Sekarang kamu sudah bisa melakukan panggilan suara atau video dengan teman-teman. Asyik, ya?

Selain cara itu, pengguna juga bisa melakukan panggilan grup sekaligus dari tab ‘Panggilan’ atau ‘Calls’. Ketika menekan tab “Panggilan’ di aplikasi WhatsApp, kemudian tekan logo telepon dengan tanda plus (+) maka akan tersedia opsi panggilan grup baru. Setelah itu, pengguna akan diminta untuk memilih tiga orang teman dan bisa memulai panggilan suara atau video.

WhatsApp memperingatkan agar pengguna memiliki koneksi internet yang baik sebelum menggunakan fitur panggilan grup, karena kualitas panggilan akan bergantung pada kontak dengan koneksi terlemah.

WhatsApp

© Disediakan oleh Kumparan WhatsApp

Meski sudah melakukan perubahan desain, panggilan grup WhatsApp masih kalah jumlah dengan aplikasi pesan lainnya. 

Apikasi pesan milik Facebook ini hanya bisa melakukan panggilan grup bersamaan empat orang, berbeda dengan aplikasi Line yang sudah bisa melakukan panggilan suara dan video dengan 200 orang secara bersamaan.

Aplikasi FaceTime milik Apple, yang diperbarui pada bulan Oktober lalu, sudah mendukung 32 orang yang naik dari hanya dua orang sebelumnya. Kemudian ada Facebook Messenger yang mendukung hingga 50 orang dalam panggilan. Fitur panggilan grup WhatsApp sendiri tergolong cukup baru yang secara resmi diluncurkan pada akhir Juli tahun ini.(Bianda Ludwianto)

%d blogger menyukai ini: