21 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Begini Cara Kirim Foto dan Video Ukuran Asli di WhatsApp

Berita ini diberdayakan untuk kumparan.com

Cara paling gampang dalam berbagi foto atau video adalah melalui WhatsApp. Sayangnya, aplikasi pesan instan itu selalu mengompres kiriman tersebut hingga kualitas gambarnya menurun.

WhatsApp memang sengaja menurunkan kualitas foto dan video yang dibagikan oleh pengguna agar proses pengirimannya lebih cepat dan menghemat penggunaan data. Itu mengapa setiap pengguna membuka hasil kiriman gambar selalu dalam keadaan resolusinya sudah turun.

Ilustrasi WhatsApp

© Disediakan oleh Kumparan Ilustrasi WhatsApp

Sebenarnya, pengguna bisa mengakali hal tersebut dengan berbagai upaya. Cara yang harus dilakukan cukup mudah, berikut langkah-langkahnya.

Kirim sebagai dokumen

Kamu bisa mengakali pengiriman foto dan video dengan mengirimnya lewat fitur kirim dokumen. Caranya, tekan ikon berbentuk paperclip di bagian bawah, lalu pilih Document.

Screenshot WhatsApp (Not Cover)

© Disediakan oleh Kumparan Screenshot WhatsApp (Not Cover)

Pilih opsi Browse other docs di bagian atas kotak opsi. Kemudian kamu akan melihat semua file, lalu arahkan pada bagian tempat tersimpannya foto yang akan dikirim.

Setelah itu pilih foto yang akan dikirim. Kemudian tekan Send dan tadaa.. hasil gambar akan terkirim sesuai dengan resolusi yang asli.

Kirim dalam folder ZIP

Kamu juga bisa mengirim foto dengan resolusi asli di WhatsApp lewat aplikasi file explorer, misal Solid Explorer File Manager. Cara ini cukup memudahkan pengirim file karena semua gambar dikirim dalam satu folder.

Pengguna tinggal pilih sejumlah gambar yang ingin dikirim, lalu bikin archive dengan format ZIP atau 7ZIP. Kemudian kirim folder ZIP lewat dokumen di Whatsapp.

Screenshot aplikasi Solid Explorer File Manager (Not Cover)

© Disediakan oleh Kumparan Screenshot aplikasi Solid Explorer File Manager (Not Cover)

Jangan lupa untuk meminta penerima untuk unzip file tersebut lebih dahulu, ya!

Dengan kedua langkah tersebut, kamu bisa kirim file gambar dan video dengan ukuran asli. Namun perlu diingat, karena ukurannya lebih besar, proses pengirimannya juga lebih lama dari biasanya.(Astrid Rahadiani Putri)

%d blogger menyukai ini: