28 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Susi: Di Grup WA, Saya Dicemooh Tak Bisa Kelola Anggaran

Berita ini diberdayakan untuk kompas.com

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengungkapan dirinya kerap mendapatkan cemoohan dari berbagai pihak di grup whatsapp.

Hal itu menyusul opini disclaimer dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas laporan keuangan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dua tahun terakhir.

“Disclaimer itu akhirnya menjadi label saya di luar karena saya menterinya,” ujarnya dalam acara di Kantor KKP, Jakarta, Kamis (20/12/2018)

“Kalau Bapak-bapak ikuti WA grup, yang tidak suka kebijakan policy soal kapal, soal menenggelamkan itu penuh dengan cemoohan, bagaimana Menteri KKP tidak mampu mengelola anggarannya,” sambung dia.

Menteri asal Pangandaran Jawa Barat itu meminta jajaran KKP mengubah pola pikir dan pola pelaksaan anggaran yang kerap tidak terserap.

Adapun anggaran yang terserap dalam bentuk proyek pengadaan kapal tidak mencapai target dan bahkan masih dirundung berbagai masalah. Bahkan, kata Susi, KKP harus membayar proyek itu lebih mahal.

© Disediakan oleh PT. Kompas Cyber MediaMenteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memberikan sambutan sebelum meresmikan Jakarta Akuarium di Pusat Perbelanjaan NEO Soho, Jakarta, Selasa (16/10/2018). Jakarta Akuarium merupakan tempat konservasi alam dan satwa laut yang memiliki konsep edutainment sekaligus menjadi sebuah destinasi wisata bagi masyarakat. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Akibat pengelolaan anggaran yang tidak baik itu pula, pemerintahan menurunkan anggaran KKP dari Rp 13 triliun jadi hanya Rp 5,8 triliun.

“Kebiasaan kita membuat perencanaan akhir tahun dan akhirnya baru melaksanakan lelang pertarungan tahun anggaran itu sudah tidak boleh ada lagi,” kata dia.

“Tahun 2019 saya minta kalau Juni sudah tidak bisa kontrak, kalau ada, kasih semprit Pak Irjen,” sambung menteri nyentrik itu.

Penulis: Yoga Sukmana

Editor: Sakina Rakhma Diah Setiawan

Copyright Kompas.com

%d blogger menyukai ini: