22 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Ditanya Lebih Nyaman Berpasangan dengan SBY Atau Jokowi, Ini Jawaban JK

Berita ini diberdayakan untuk kompas.com

Dua kali menjabat Wakil Presiden, Jusuf Kalla (JK) telah merasakan mendampingi dua presiden yang berbeda. Pertama, pada 2004-2009, Kalla mendampingi Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Pada tahun 2014-2019, Kalla kini mendampingi Presiden Joko Widodo setelah di Pilpres 2014 mengalahkan pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

Dalam wawancara dengan Budiman Tanuredjo di acara Satu Meja The Forum yang tayang di Kompas TV, Rabu (19/12/2018) malam, Kalla pun ditanya lebih nyaman mendampingi SBY atau Jokowi saat menjabat Wakil Presiden. Ia lantas menjawab sama saja.

“Sama saja. Walaupun pada zaman Pak SBY saya lebih banyak berbicara atau menangani masalah-masalah ekonomi. Rapatnya tidak terlalu banyak. Sekarang masalah politik, ekonomi, sosial itu dirapatkan. Sehingga saya ingin sekali lagi katakan itu keputusan bersama,” kata Kalla.

© Disediakan oleh PT. Kompas Cyber MediaWakil Presiden RI Jusuf Kalla ketika memberikan keterangan pers di Istana Wakil Presiden RI, Jakarta, Selasa (5/6/2018). KOMPAS.com/ MOH NADLIR

Ia menambahkan, hampir semua keputusan di era kepemimpinan Jokowi diambil dalam rapat bersama sehingga menjadi keputusan bersama.

Kalla menambahkan, di era kepresidenan Jokowi, ia juga selalu ikut dalam rapat kabinet dan memutuskan persoalan bersama-sama.

Meski ia juga menggelar rapat bersama sejumlah menteri, hasilnya selalu ia sampaikan kepada Presiden Jokowi lalu diputuskan bersama dalam rapat besar.

“Saya dengan Pak Jokowi selalu iku rapat itu. Rapat di tempat saya juga ada. Tapi hasilnya juga saya sampaikan kepada Presiden. Nah, itu lah sehingga kami tidak beda pandangan pada suatu soal karena sudah diputuskan secara kebersamaan,” lanjut Kalla.

Penulis: Rakhmat Nur Hakim

Editor: Diamanty Meiliana

Copyright Kompas.com

%d blogger menyukai ini: