25 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Fakta-fakta Unik Uang dari Seluruh Dunia

Berita ini diberdayakan untuk kompas.com

© Disediakan oleh PT. Kompas Cyber MediaIlustrasi uang kertas 100 dolar AS.TRIBUN JABAR / GANI KURNIAWAN

Uang di seluruh dunia menarik untuk disimak, tidak hanya dilihat dan diketahui ecara estetis, tetapi juga soal aspek keamanan uang tersebut.

Tinta cetakan yang timbul alias intaglio, ilustrasi rinci, dan kode keamanan ditampilkan pada uang Israel, Kanada, Afrika Selatan, dan banyak negara lainnya. Australia sendiri adalah pelopor desain uang dengan teknologi tinggi, bahkan telah membuat uang kertas yang tahan air.

Mengutip dari Business Insider, Rabu (19/12/2018), berikut beberapa fakta unik uang-uang dari seluruh dunia.

1. Uang dari Australia tahan air, dan sangat sulit untuk dipalsukan.

© Disediakan oleh PT. Kompas Cyber MediaPecahan 100 dollar Australia sering digunakan oleh kelompok kriminal untuk disimpan. (AAP/Dan Peled)

Uang Australia adalah salah satu bentuk uang paling canggih di dunia, tidak hanya benar-benar tahan air, tetapi sangat sulit untuk dipalsukan karena desainnya yang rumit.

Uang Australia terbuat dari bahan yang disebut polimer, yang terasa seperti lilin, sedangkan uang kertas dollar AS dan sebagian besar desain uang lainnya lebih terasa seperti kertas.

Australia adalah negara pertama yang memperkenalkan uang kertas polimer pada 1988, dan sejak itu negara-negara seperti China dan Vietnam mengikutinya.

Salah satu fitur paling keren dari uang kertas 5 dollar Australia contohnya adalah efek bergulir visual, di mana gambar spinebill timur, burung endemik negara tersebut, pada uang kertas muncul untuk menggerakkan sayapnya saat Anda memindahkan uang kertas itu sendiri.

2. China menciptakan uang kertas sangat rumit hingga membingungkan mesin ATM

© Disediakan oleh PT. Kompas Cyber MediaIlustrasi: mata uang China, yuansetkab.go.id

Yuan China berada di puncak untuk anti-pemalsuannya ketika merilis teknologi baru pada tahun 2015.

Uang pecahan 100 yuan yang dirilis tahun itu beraksen dengan emas 100 yang karenanya, diberi julukan “high-roller gold” serta dilengkapi detail rumit lainnya yang membuat mereka sulit untuk dipalsukan.

Uang kertas yang sangat besar itu sangat canggih, pada kenyataannya, mesin ATM China tidak dapat membaca pecahan ini pada awalnya, dan pemerintah harus mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa akan memerlukan beberapa hari agar mesin-mesin itu “diperbarui” untuk mengenali pecahan uang baru itu.

3. Uang kertas florin Aruba menampilkan berbagai motif binatang yang berbeda-beda

Saat merancang desain uangnya, Aruba ingin bisa mewakili esensi negaranya. Setiap uang kertas Aruba (10, 25, 50, 100, 500) memiliki warna yang berbeda, dan memiliki cetakan satwa liar asli untuk dicocokkan. Segala sesuatu dari cangkang keong, ular mainan, burung hantu, katak, dan kerapu digambarkan pada uang kertas.

Mereka juga memasukkan desain dan motif historis. Menurut situs web Centrale Bank van Aruba, “gambar-gambar kehidupan liar binatang Aruba dikombinasikan dengan motif dekoratif yang ditemukan pada tembikar pra-Columbus, sehingga menekankan hubungan antara dulu dan sekarang.”

4. Uang Afrika Selatan menampilkan hewan “Big Five” negara di satu sisi, dan wajah Nelson Mandela di sisi lain

Ketika Afrika Selatan menjadi republik pada tahun 1961, rand, mata uang nasional negara tersebut diperkenalkan. Uang kertasnya menggambarkan hewan “Big Five” di wilayah tersebut.

Hewan-hewan tersebut adalah badak (R10), gajah (R20), singa (R50), kerbau (R100), dan macan tutul (R200) ??mencakup satu sisi pecahan uangnya, sementara wajah mantan presiden Nelson Mandela ditambahkan ke sisi lain pada tahun 2012.

Gubernur Bank Cadangan Afrika Selatan Gill Marcus menggambarkan desain uang itu sebagai “simbol unik kebangsaan kita.”

5. Uang kertas Kanada yang baru berorientasi vertikal, dan sebagian bisa tembus pandang

Pada Maret 2018, Kanada mengumumkan rencana untuk pecahan uang 10 dollar baru mereka. Viola Desmond, seorang aktivis hak-hak sipil di Nova Scotia, digambarkan di bagian depan menghadap pada paruh pertama yang berorientasi vertikal dalam sejarah negara itu, yang juga menampilkan bagian tembus pandang.

Menurut Azure Magazine, “Setiap catatan terbuat dari satu bagian polimer, untuk memperpanjang umur dan untuk menyematkan fitur keamanan, termasuk jendela transparan dengan pola moiré.”

6. Uang kertas dong Vietnam dengan microprinting dan langkah-langkah keamanan mutakhir lainnya

© Disediakan oleh PT. Kompas Cyber MediaDong VietnamSHUTTERSTOCK

Vietnam telah memiliki sejarah yang bergejolak, setelah melalui lima iterasi yang berbeda sebelum tahun 2006, yang semuanya mengalami masalah karena kurangnya keseragaman, desain dong saat ini adalah yang paling efektif. Bahkan mungkin salah satu desain uang paling canggih di dunia.

Desain uang mereka saat ini menampilkan potret Ho Chi Minh, mantan presiden negara tersebut, dan banyak gambar garis rumit yang digambarkan sebagai “microprinting.” Selain itu, juga menampilkan setidaknya dua kode keamanan, membuat mereka sangat sulit untuk dipalsukan.

7. Selandia Baru memenangkan “Uang Kertas Tahun Ini” karena desainnya yang memukau

Kembali pada tahun 2015, International Bank Society menamai dolar Selandia Baru yakni pecahan 5 dollarnya sebagai “Uang kertas terbaik Tahun Ini” karena desain rumit mereka.

Menurut situs web IBS, “The Reserve Bank of New Zealand mulai merilis keluarga baru uang kertas ‘Brighter Money’ pada tahun 2015, dimulai dengan denominasi 5 dollar dan 10 dollar.”

Keindahan polimer dalam uang mereka membuatnya mendapat apresiasi tahun itu untuk penggambaran terperinci mereka. tokoh-tokoh sejarah, peta Selandia Baru, dan banyak fitur keamanan yang ditingkatkan.

8. Uang Bahama dikenal dengan koin uniknya, yang menampilkan ukiran bintang laut dan nanas

Meskipun uang kertas Bahama cukup berwarna, pulau ini mungkin paling dikenal karena perubahannya yang longgar. Desain uang Bahama menampilkan lima koin yang berbeda, yang semuanya menggambarkan objek yang berbeda yang mewakili negara Karibia.

Koin 1 sen menampilkan ukiran tiga bintang laut, dan koin 5 sen memiliki nanas yang terperinci di satu sisi.

Bonefish, bunga sepatu, dan “Native Sloop” (perahu layar) ditampilkan di koin lain, dan situs web Bank Sentral Bahama bahkan menawarkan koin edisi terbatas yang langka untuk dijual.

9. Desain uang Kepulauan Cook menggambarkan mitos kuno tentang seorang wanita dan hiu

Kepulauan Cook adalah negara otonom di lepas pantai Selandia Baru, terdiri dari sekitar 15 pulau. Pulau-pulau ini memiliki mitos penciptaan mereka sendiri, yang digambarkan pada uang kertas yang berbeda dari desain-desain uang mereka.

Di uang kertas 3 dollar AS Kepulauan Cook, kisah “Ina dan Hiu” ditampilkan melalui lukisan yang rumit, legenda mengatakan bahwa Ina mengendarai hiu untuk mendapatkan tunangannya, Tinirau, Dewa Laut, setelah bepergian dari Kepulauan Cook.

10. Shekel baru Israel dengan tinta timbul, potret transparan, dan fitur untuk orang yang memiliki gangguan penglihatan.

Mata uang Israel shekel dikenal dengan uang kertasnya yang berwarna-warni, dan bentuknya memiliki lebih banyak fitur daripada yang terlihat. Tanda tangan gubernur yang tampak pada pecahan uang ditulis dengan tinta timbul, sehingga dapat dirasakan dan sulit dipalsukan.

Uang kertas Shekel juga bervariasi panjangnya sesuai denominasi untuk membantu tunanetra.

Pada 2017, Israel mengumumkan akan meluncurkan uang kertas shekel baru yang menampilkan potret penyair perempuan Ibrani Rachel Bluwstein dan Leah Goldberg. Ini adalah shekel pertama yang menampilkan wajah perempuan sejak awal 1990-an.

Penulis: Putri Syifa Nurfadilah

Editor: Sakina Rakhma Diah Setiawan

Sumber: Business Insider

Copyright Kompas.com

%d blogger menyukai ini: