29 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

7 Fakta Menarik Wright Bersaudara, Penemu Pesawat Terbang..

Berita ini diberdayakan untuk Kompas.com

© Disediakan oleh PT. Kompas Cyber MediaWright BersaudaraIndia Today

Keberhasilan Wright bersaudara menerbangkan ” Wright Flyer 1″ menjadi catatan bersejarah dalam dunia penerbangan. Pesawat buatan itu mampu terbang dan menjadi pesawat pertama di dunia.

Bertempat di Kitty Hawk, North Carolina, Amerika Serikat, pesawat Wright Bersaudara berkali-kali diuji coba hingga akhirnya mereka mampu menyempurnakan desain pesawat Wright Flyer 1.

Nama Orville Wright dan Wilbur Wright kian dikenal ke berbagai penjuru dunia sebagai penemu pesawat.

Perusahaan yang didirikan Wright Bersaudara juga ramai mendapatkan pesanan dari Angkatan Darat AS untuk tipe pesawat tertentu. Hingga jenis pesawatnya digunakan pada Perang Dunia 1 dan Perang Dunia II.

Berikut adalah fakta menarik mengenai Wright Bersaudara yang belum anda ketahui:

1. Lempar koin

Setelah berhasil membuat pesawat, kini giliran siapa yang ditunjuk untuk menguji coba pesawat itu. Lempar koin dianggap sebagai langkah adil untuk menentukan penguji.

Kakaknya, Wilbur mendapatkan kesempatan pertama tapi tak berhasil. Wilbur malah menyebabkan kerusakan kecil pada pesawat yang diuji coba pada 14 Desember 1903.

Tiga hari kemudian, Orville yang menggunakan jas dan berdasi berbaring telentang di sayap bawah pesawat dan mengambil kendali.

Pada pukul 10.35 waktu setempat, Wright Flyer bergerak dan mampu terbang dengan halus. Selama 12 detik, pesawat meninggalkan tanah sebelum kembali ke tanah.

Kemudian, mereka berdua saling bertukar posisi dalam mengendalikan pesawat. Jarak tempuh penerbangan semakin jauh. Wright Flyer dikurung kembali ke Dayton dan tidak pernah terbang lagi.2. Terinspirasi mainan

Obsesi yang membuat mereka menyukai penerbangan adalah ketika pada 1878 mendapatkan hadiah mainan dari ayahnya.

Mainan yang hampir mirip dengan bentuk helikopter ini menjadikan inspirasi bagi Wright Bersaudara untuk mengembangkan teknologi pesawat terbang.

Upaya mereka akhirnya bisa terwujud pada 17 Desember 1903 dengan keberhasilan menerbangkan Wright Flyer di Kitty Hawk, North Carolina.3. Bisnis surat kabar

Wilbur Wright pernah bergabung dengan bisnis percetakan Orville. Pada 1889, mereka mulai menerbitkan surat kabar mingguan, West Side News.

Tahun berikutnya, mereka menerbitkan surat kabar harian pendek, The Evening Item.

Pada 1892 mereka membuka usaha barunya bernama “Wright Cycle Company”, toko perbaikan sepeda dan penjualan. Hasil dari bisnis inilah yang mampu membiayai percobaan pesawat terbang mereka.4. Tak pernah menikah

Karena kesibukannya dalam mengurus bisnis, Orville dan Wilbur tak pernah menikah.

Ketika ditanya oleh wartawan dalam acara jumpa persnya, Wilbur mengatakan bahwa dia tidak punya waktu untuk istri dan fokus kepada pengembangan pesawat terbang.5. Terbang bersama hanya sekali.

Orville dan Wilbur telah berjanji pada ayahnya untuk tak terbang secara bersamaan. Ini dilakukan karena ayahnya takut kedua anaknya mengalami kecelakaan pesawat secara bersamaan.

Namun, pada Mei 1910, sang ayah mengizinkan keduanya untuk terbang bersama. Orville dan Wilbur terbang selama enam menit di Dayton. Dalam kesempatan itu Orville selaku pilot dan Wilbur sebagai penumpang.

Sang ayah yang berusia 82 tahun merasa bangga terhadap kedua anaknya yang telah berhasil terbang pertama secara bersama-sama.6. Kecelakaan penerbangan pertama

Setelah keberhasilan mereka pada tahun 1903, Wright bersaudara melanjutkan pengembangan pesawat mereka.

Mereka memasarkan Wright Military Flyer dengan dua penumpang, kepada Angkatan Darat AS. Tentu saja penawaran itu memerlukan demosntrasi penerbangan.

Pada 17 September 1908, Orville memberikann demonstrasi penerbangan di Fort Myer, Virginia. Orville terbang bersama Letnan Thomas Selfridge sebagai penumpang.

Hanya beberapa menit dalam penerbangan, baling-baling pesawat tiba-tiba hancur. Pesawat berputar di luar kendali dan jatuh ke tanah dengan kecepatan penuh.

Tim penyelamat menarik Selfridge yang tidak sadarkan diri dari pesawat. Letnan itu meninggal beberapa jam kemudian.

Sementara, Orville dirawat di rumah sakit selama enam minggu setelah menderita patah kaki, empat tulang rusuk patah dan cedera punggung.7. Pecahan Wright Flyer di bulan

Seorang astronot asal Ohio, Neil Armstrong, menjadi orang pertama yang menginjakkan kakinya di bulan pada 1969.

Dalam sakunya terdapat sepotong kain dari sayap kiri Wright Flyer asli yang terbang pada 1903. Armstrong juga membawa sepotong kayu dari baling-baling kiri pesawat.

Secara tak langsung pesawat itu telah diajaknya menuju bulan.

Penulis: Aswab Nanda Pratama

Editor: Bayu Galih

Sumber: History

Copyright Kompas.com

%d blogger menyukai ini: