23 September 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Trump Klaim; AS Bakal Punya Vaksin Corona Maksimal 8 Minggu Lagi

Berita ini diberdayakan untuk kumparan.com
Oleh; kumparanNEWS

© Disediakan oleh Kumparan Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengenakan masker saat mengunjungi Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed di Bethesda, Maryland, Sabtu (11/7). Foto: Tasos Katopodis/Reuters

Dalam sebuah wawancara ‘Fox & Friends’ di FoxNews, Presiden AS, Donald Trump, mengklaim vaksin virus corona akan tersedia dalam hitungan minggu. Trump membantah janjinya itu terkait politik menjelang Pemilu AS pada 3 November mendatang.

“Saya tidak melakukannya karena alasan politik, saya ingin vaksin tersedia dengan cepat,” kata Trump dilansir FoxNews, Selasa (15/9).

“Percayalah, kalian tidak akan menunggu vaksin selama bertahun-tahun, saya sudah mempercepat prosesnya bersama FDA (Food and Drug Administration/BPOM AS). Kami akan mendapatkan vaksin dalam hitungan minggu, bisa jadi empat minggu, bisa jadi delapan minggu. Kami memiliki banyak perusahaan hebat,” tuturnya.

© Disediakan oleh Kumparan Presiden Amerika Serikat Donald Trump berbicara melalui video selama siaran Konvensi Nasional Partai Republik 2020 secara virtual di Washington, Amerika Serikat. Foto: Republican National Convention/via REUTERS

Trump tidak merinci vaksin yang ia maksud. Namun sejauh ini, AS telah melakukan uji klinis terhadap Moderna Therapeutics, Pfizer, dan Universitas Oxford.

Dilansir Forbes, kekhawatiran dunia bahwa pemerintahan Trump akan bermain politik terkait vaksin COVID-19 kian meningkat. Sebab, Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) baru-baru ini menginfokan negara-negara bagian AS untuk bersiap mendistribusikan vaksin pada 1 November–dua hari sebelum Pemilu AS berlangsung.

Padahal, jika dikutip dari The Guardian, jajak pendapat yang digelar NBC News menunjukkan 52 persen warga AS tidak mempercayai ucapan Trump soal vaksin corona.

Ahli penyakit menular sekaligus Direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular AS, dr Anthony Fauci, memang optimistis ada satu vaksin yang akan disetujui FDA pada akhir tahun atau awal tahun 2021.

Tetapi, Fauci menekankan, vaksin tersebut tidak serta merta langsung bisa digunakan warga AS. Bahkan ia menyebut, kemungkinan vaksin corona di AS belum bisa didistribusikan secara luas hingga tahun 2021.

%d blogger menyukai ini: