3 Desember 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Pasca-kerusuhan di Mamberamo Raya, Polisi Jaga Sejumlah Titik

Berita ini diberdayakan untuk kompas.com
Oleh; Michael Hangga Wismabrata

© Disediakan oleh Kompas.com Ilustrasi polisi

KOMPAS.com – Polisi masih berjaga-jaga pasca-kerusuhan massa yang merusak dan membakar Kantor Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKD), Kabupaten Mamberamo Raya, Jumat (28/8/2020).

“Hingga kini kita masih siaga di beberapa titik untuk menjaga kamtibmas di sana. Pada umumnya situasi di sana sudah mulai kondusif,” kata ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes AM Kamal saat dihubungi Kompas.com.

Selain itu, menurut Kamal, setelah kerusuhan massa segera membubarkan diri dan kembali ke rumah mereka masing-masih.

Kamal memastikan, kondisi di Distrik Kasonaweja sudah kondusif.

© Disediakan oleh Kompas.com Ilustrasi kebakaran

Seperti diberitakan sebelumnya, kemarahan massa tak terbendung saat tidak dapat menemui panitia penerimaan CPNS di Kantor BKD Kabupaten Mamberamo Raya.

Massa langsung membakar kantor BKD. Dari pengamatan Kompas.com, massa sempat merusak gedung KPU. Kaca jendale di KPU pun pecah karena terkena lemparan batu.

“Setiba di kantor BKD, massa meminta untuk menemui panitia penyelenggara tes PNS. Namun, karena tidak bertemu, massa lalu kecewa dan melampiaskan kemarahannya dengan melakukan perusakan dan pembakaran kantor BKD,” ujar Kamal.

Kamal menyayangkan tindakan anarkis tersebut. Menurutnya, peristiwa tersebut bisa dihindari jika telah berkoordinasi dengan aparat keamanan.

“Sebenarnya aksi pembakaran ini bisa kami cegah. Namun, pihak panitia penyelenggara tes PNS ini tidak pernah memberikan kami informasi terkait kapan pengumuman akan dilaksanakan, sehingga kami pihak kepolisian baru mengetahui setelah adanya mobilisasi massa dalam jumlah besar menuju ke kantor BKD,” kata dia.

(Penulis: Kontributor Jayapura, Dhias Suwandi | Editor: David Oliver Purba)

%d blogger menyukai ini: