27 September 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

PM Jepang Shinzo Abe Mundur, Jokowi: Terima Kasih Atas Pertemanannya

Berita ini diberdayakan untuk tempo.co
Oleh; Tempo.co

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto

TEMPO.CO, Jakarta – Presiden Joko Widodo ikut memberikan apresiasi terhadap Perdana Menteri Jeoan Shinzo Abe yang menyatakan diri pensiun dari jabatannya. Shinzo Abe pensiun satu tahun sebelum masa jabatannya berakhir karena faktor kesehatan.

“Terima kasih PM @AbeShinzo @JPN_PMO atas pertemanannya. Semoga Anda selalu dalam kesehatan yang baik,” kata Jokowi dalam akun Twitter pribadinya, Jumat, 29 Agustus 2020.

Jokowi mengatakan Abe adalah salah satu dari pemimpin dunia yang ditemui ketika menjabat sebagai Presiden Indonesia pada 2014. Dalam kepemimpinan Abe, Jokowi menyebut hubungan bilateral antara Indonesia dengan Jepang menjadi semakin kuat.

Shinzo Abe akan mengundurkan diri karena kondisinya yang memburuk. Beberapa hari terakhir, Shinzo Abe memang dua kali keluar masuk rumah sakit karena penyakit yang dideritanya, Kolitis Ulseratif atau peradangan pada usus besar.

“Ia tidak ingin menimbulkan masalah di Pemerintahan Jepang gara-gara kondisi kesehatannya yang memburuk,” ujar laporan NHK yang dikutip dari kantor berita Reuters, Jumat, 28 Agustus 2020.

Spekulasi Shinzo Abe mundur sendiri sudah santer beberapa hari terakhir. Apalagi, dalam salah satu kunjungannya ke rumah sakit, ia menghabiskan waktu berjam-jam untuk pemeriksaannya.

Masa jabatan dia masih tersisa hingga September tahun depan. Adapun Shinzo Abe adalah salah satu PM Jepang dengan durasi kepemimpinan terlama, 2799 hari atau hampir delapan tahun lamanya.

%d blogger menyukai ini: