19 September 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Bank Indonesia Luncurkan Uang Rupiah Khusus

Berita ini diberdayakan untuk kumparan.com
Oleh; kumparanBISNIS

© Disediakan oleh Kumparan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. Foto: Dok. Departemen Komunikasi Bank Indonesia.

Bank Indonesia meluncurkan edisi uang rupiah khusus pada hari ini, Senin (17/8). Nominalnya Rp 75.000 yang dikeluarkan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang 75 Tahun.

Peresmian ini dilakukan secara virtual yang dihadiri oleh para menteri Kabinet Indonesia Kerja, Ketua BPK, dan kepala daerah.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan uang ini juga dilengkapi unsur pengamanan teknologi dan kertas tahan lama. Nyaman dan aman dan lebih sulit dipalsukan.

“Dikeluarkan dalam bentuk kertas dengan nominal Rp 75 ribu. Uang ini juga merupakan peringatan Kemerdekaan RI yang ke-75 tahun dan sebagai persembahan kebahagiaan masyarakat Indonesia,” kata Perry dalam sambutannya, Senin (17/8).

Perry mengatakan tema desain uang edisi khusus ini tergambarkan dalam halaman muka dalam mensyukuri Proklamasi Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945 oleh Soekarno dan Mohammad Hatta.

© Disediakan oleh Kumparan Uang rupiah khusus Rp 75.000 diterbitkan Bank Indonesia secara terbatas untuk memperingati HUT ke-75 RI. Foto: Dok. Istimewa

Perry Warjiyo mengatakan, untuk mensyukuri kemerdekaan ini, dilambangkan dengan Jembatan Youtefa Papuan, MRT, LRT, dan Tol Trans Jawa.

Sedangkan halaman belakang, menggambarkan kebhinekaan yang diwakili dengan anak-anak berpakaian adat di wilayah barat, tengah, dan timur.

Lalu ada tenun, kain batik, dan songket yang menggambarkan kebaikan dan keanggunan. Halaman belakang juga menggambarkan semangat era digital dengan satelit merah putih.

“Serta anak-anak Indonesia yang menggambarkan SDM unggul,” ujarnya.

%d blogger menyukai ini: