23 September 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

5 Hobi Ini Bisa Dijadikan Sumber Penghasilan

Berita ini diberdayakan untuk tempo.co
Oleh; Tempo.co

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto

TEMPO.CO, Jakarta – Sering kali bisnis hobi adalah cara ideal untuk memulai mendapatkan penghasilan karena Anda sudah tahu bagaimana melakukannya sehingga memperpendek kurva belajar dan waktu untuk memulai. Meskipun banyak hobi yang dapat diubah menjadi bisnis rumahan, berikut lima hobi umum yang bisa menghasilkan uang dengan mudah, seperti dilansir The Balance Small Business.

Jika hobi Anda tidak ada di daftar, jangan khawatir. Dengan kreativitas, Anda dapat mengubah hampir semua hobi menjadi bisnis rumahan.

Fotografi

Fotografi tidak hanya merupakan ide bisnis rumahan yang layak tetapi juga ada banyak bentuk berbeda yang dapat diambil untuk dijadikan bisnis. Jika lebih suka mengambil foto pemandangan, Anda dapat menjual foto ke sumber online. Pertimbangkan juga memiliki studio di rumah.

Anda bahkan dapat mengkhususkan diri pada objek anak-anak atau hewan peliharaan. Atau mungkin Anda suka bekerja di luar ruangan, dalam hal ini Anda bisa menjadi fotografer pernikahan atau acara lain.

Membaca

Anda rajin membaca? Jika demikian, bayangkan mengubah kecintaan pada buku menjadi penghasilan. Ada beberapa cara yang dapat menghasilkan uang dari buku, seperti menjadi penulis resensi buku paruh waktu atau memulai blog buku. Dalam hal ini, Anda tidak hanya dibayar tetapi sering kali akan mendapatkan buku-buku gratis juga.

Pilihan lain adalah memulai layanan penyuntingan tulisan, di mana Anda dapat membaca dan memperbaiki kesalahan dan membantu penulis meningkatkan hasil karya mereka. Mungkin, alih-alih membaca, Anda menikmati menulis juga. Jika memiliki cerita atau informasi di dalam diri yang menunggu untuk diceritakan, Anda dapat menulis buku dan bekerja dengan penerbit atau menerbitkannya sendiri.

Berkebun

Banyak orang ingin memiliki halaman yang indah dengan rumput hijau, bunga berwarna-warni, dan bahkan sayuran tanaman sendiri untuk dihidangkan di meja makan. Tetapi, tidak semua orang punya waktu atau bakat untuk membuat taman yang indah. Mengubah kesenangan berkebun menjadi bisnis rumahan bisa menjadi cara yang cepat dan mudah untuk mencari nafkah, terutama jika Anda sudah memiliki alat dan kebun yang bagus.

Anda dapat fokus pada jenis berkebun tertentu, seperti perawatan halaman dan rumput, atau membantu orang mendesain dan mengembangkan kebun sayur. Atau, Anda dapat memulai bisnis lansekap. Pilihan lain adalah memulai bisnis perawatan tanaman dalam ruangan.

Kesenian

Jika hobi Anda melibatkan seni dan artistik, ada banyak cara dapat mengubah kreativitas menjadi penghasilan. Anda dapat menjual karya secara online melalui platform seperti Instagram, Etsy, atau mengirimkannya ke toko-toko lokal. Di samping menjual karya, Anda mengajari orang lain cara menikmati hobi dengan membuka kelas kursus.

Memelihara hewan peliharaan

Industri hewan peliharaan terus berkembang dan nilainya mencapai miliaran rupiah. Orang-orang semakin senang memelihara hewan di rumah dan jika Anda berbagi hobi yang sama, ada potensi usaha rumahan di sana.

Ada berbagai cara untuk memanjakan hewan peliharaan sambil mendapatkan bayaran, di antaranya layanan pet sitting, merapikan bulu, membuat dan/atau menjual aksesori atau makanan hewan peliharaan, fotografi hewan peliharaan, dan banyak lagi. Dalam kebanyakan kasus, Anda hanya perlu mencintai binatang untuk memulai bisnis ini. Namun, untuk bisnis seperti groomer mungkin memerlukan lisensi atau izin tambahan, dan mungkin pelatihan atau sertifikasi.

%d blogger menyukai ini: