8 Agustus 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Vitamin Untuk Daya Ingat, Perlu Anda Konsumsi

Artikel ini diberdayakan untuk motherandbaby.co.id
Oleh; Mother and Baby Indonesia

© Disediakan oleh Mother and Baby Vitamin untuk Menjaga Daya Ingat yang Perlu Anda Konsumsi

Semakin bertambahnya usia, daya ingat manusia biasanya semakin menurun. Guna mencegah hal tersebut, Anda bisa mengonsumsi suplemen atau menambah asupan makanan yang mengandung vitamin tertentu untuk menjaga daya ingat Anda.

Ada beberapa jenis vitamin yang berguna untuk menambah kinerja otak sehingga daya ingat Anda akan tetap terjaga dengan baik, Moms. Berikut ini beberapa vitamin yang bisa membantu menjaga dan meningkatkan daya ingat Anda.

1. Vitamin E

Vitamin E bersifat antioksidan sehingga bisa melindungi sel-sel saraf otak dari kerusakan. Itulah alasan mengapa vitamin E bisa meningkatkan daya ingat pada lansia, termasuk menjaga sel-sel saraf otak dari kerusakan setelah serangan stroke.

Namun konsumsi vitamin E perlu mendapat pengawasan langsung dari dokter, karena jika diberikan dalam dosis berlebihan, hal ini akan bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan kanker prostat.

2. Vitamin B6

Manfaat utama vitamin B6 adalah menjaga berbagai fungsi tubuh. Namun penelitian juga menunjukkan bahwa vitamin B6 mampu meningkatkan daya ingat dan mendukung kesehatan otak.

Asupan harian vitamin B6 disinyalir dapat membantu meningkatkan memori dari waktu ke waktu dan kemampuan otak dalam memproses informasi pada tingkat yang lebih cepat. Sumber alami vitamin B6 antara lain terdapat dalam ikan tuna, telur, dan wortel.

3. Vitamin B12

Sebuah studi menemukan bahwa asupan vitamin B12 bisa melindungi otak dari kerusakan saraf, meningkatkan daya ingat, dan mengurangi risiko penurunan fungsi mental.

Hal ini karena vitamin B bisa merangsang produksi mielin, yaitu zat lemak yang melapisi dan melindungi serabut saraf otak serta sumsum tulang belakang. Anda bisa mendapat asupan vitamin B12 dengan mengonsumsi daging sapi, kerang, serta ikan.

4. Vitamin B9

Vitamin ini lebih dikenal dengan nama asam folat. Fungsi asam folat adalah membantu produksi sel darah merah dalam tubuh dan suplai oksigen ke otak.

Itulah alasan mengapa konsumsi vitamin B9 bisa membantu meningkatkan daya ingat sebagai efek dari lancarnya suplai oksigen ke otak. Asam folat atau vitamin B9 bisa diperoleh dari biji-bijian dan buah seperti jeruk dan tomat.

5. Vitamin C

Sifat antioksidan vitamin C sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan memori Anda. Sebuah penelitian menemukan korelasi antara masalah memori dan bayi yang menderita kekurangan vitamin C.

Studi lain menunjukkan bahwa vitamin C memiliki sifat protektif terhadap masalah memori dan hilangnya kewaspadaan mental. Buah dan sayuran merupakan sumber vitamin C.

6. Vitamin D

Kekurangan vitamin D bisa mengganggu kemampuan otak dalam menyerap informasi dan memproses memori. Sebuah penelitian menunjukkan adanya hubungan antara konsumsi vitamin D dan daya ingat.

Namun jangan khawatir karena banyak terdapat sumber vitamin D alami, mulai dari telur, tuna, salmon, hingga minyak ikan. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)

%d blogger menyukai ini: