27 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Berita ini diberdayakan untuk tempo.co
Oleh; Tempo.co

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto

TEMPO.CO, Jakarta – Alkohol 70 persen jadi salah satu hal yang dicari selama pandemi Covid-19. Sebab, produk ini dapat menghilangkan bakteri dan virus di tangan dan permukaan benda untuk membantu mencegah penyakit.

Selain untuk membersihkan, alkohol 70 persen yang memiliki sifat antibakteri dan antivirus ternyata memiliki manfaat lain di rumah. Anda bisa menggunakannya untuk menghilangkan mual, bau sepatu, bahkan bau badan.

Berikut 9 manfaat alkohol 70 persen yang perlu Anda ketahui.

1. Antiseptik

Sebagai antiseptik, alkohol 70 persen dapat membersihkan permukaan tubuh dari kuman seperti bakteri dan virus. Itu sebabnya alkohol ini digunakan sebagai bahan utama hand sanitizer. Gunakanlah antiseptik untuk membersihkan tangan setelah menyentuh segala sesuatu yang kerap digunakan bersama, seperti tombol di lift dan gagang pintu.

2. Menghilangkan noda tinta di pakaian

Alkohol 70 persen juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda tinta di pakaian. Caranya, rendam bagian yang terkena tinta di dalam alkohol selama beberapa menit. Lalu cucilah baju seperti biasa menggunakan deterjen.

3. Disinfektan

Mirip dengan antisptik, disinfektan efektif menghilangkan kuman pada benda-benda di rumah seperti meja, telepon genggam, ataupun pegangan tangga.

4. Pewangi ruangan

Alkohol 70 persen bisa jadi disinfektan sekaligus pengharum ruangan. Caranya, masukkan alkohol ke dalam botol semprot kemudian campurkan beberapa tetes essential oil kesukaan Anda.

Semprotkan campuran tersebut ke area-area di ruangan yang menimbulkan bau tak sedap. Tidak hanya wangi, campuran ini juga akan membantu membunuh bakteri yang bersemayam di area tersebut.

5. Menghilangkan bau badan

Sering alami bau badan? Gunakan alkohol 70 persen untuk membunuh bakteri penyebab timbulnya bau badan. Oleskan sedikit alkohol ke ketiak, tapi jangan setelah bercukur. Sebab, alkohol bisa menimbulkan iritasi dan rasa perih di kulit. Apabila kulit Anda termasuk sensitif, jangan langsung mengoleskan alkohol secara merata di seluruh permukaan ketiak saat pertama kali mencoba.

Lakukan tes terlebih dahulu dengan mengoleskannya beberapa tetes di area kecil pada ketiak dan tunggu beberapa saat untuk melihat reaksinya. Jika aman, maka Anda dapat coba mengoleskannya lebih luas.

6. Menghilangkan mual

Menghirup aroma alkohol 70 persen terbukti efektif menghilangkan rasa mual hingga setengahnya. Saat mual, Anda bisa celupkan kapas yang sudah dibentuk bulatan kecil ke dalam alkohol 70 persen dan hirup perlahan-lahan kapas tersebut hingga rasa mual sudah terasa berkurang. Jangan terlalu banyak menghirup alkohol karena menyebabkan gangguan kesehatan lainnya, seperti keracunan.

7. Menghilangkan bau sepatu

Karena jadi sarang bakteri, sepatu sering kali menimbulkan bau tak sedap dari keringat. Gunakan alkohol 70 persen untuk menghilangkannya. Caranya cukup semprotkan sedikit alkohol ke dalam sepatu lalu jemur hingga kering di bawah sinar Matahari.

8. Kompres dingin

Gunakan alkohol 70 persen sebagai kompres dingin untuk mengurangi rasa nyeri sendi atau pembengkakan di area tubuh. Caranya, masukkan air dan alkohol 70 persen dengan perbandingan 2:1 ke kantung plastik atau ziplock bag. Setelah itu, ikat atau tutup plastik dengan rapat. Usahakan untuk mengeluarkan sebagian besar udara yang tersisa di dalam kantung, dikeluarkan.

Setelah itu, masukkan plastik tersebut ke plastik lain dan ulangi dengan menutupnya serapat mungkin dan dengan udara sesedikit mungkin. Bekukan di dalam lemari pendingin selama beberapa jam.

9. Membersihkan alat make up

Alat make up seperti brush bisa jadi sarang bakteri yang membuat Anda jadi mudah jerawatan. Untuk membersihkannya, tuangkan alkohol 70 persen di wadah kecil lalu, celupkan brush make up ke dalamnya dan putar-putar selama beberapa detik. Setelah itu, cuci brush dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih.

%d blogger menyukai ini: