17 Juli 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Uji Vaksin China Sukses Picu Imun 100 Persen Terhadap Virus Corona

Berita ini diberdayakan untuk kumparan.com
Oleh; kumparanNEWS

© Disediakan oleh Kumparan Petugas medis mengobservasi sampel yang diambil dari pasien yang diduga terkena virus corona di tempat karantina di Wuhan, China. Foto: STR / AFP

Perusahaan farmasi di China sukses melalui dua tahap pengujian vaksin virus corona terhadap manusia. Hasilnya, vaksin tersebut sukses memicu imun hingga 100 persen terhadap virus corona.

Seperti diberitakan Telegraph, pada Selasa lalu China National Biotec Group atau CNBG mengumumkan pencapaian mereka. Pengujian oleh CNBG dimulai sejak April lalu di provinsi Henan, melibatkan 1.120 relawan berusia 18 hingga 59 tahun.

Mereka disuntikkan virus Sars-CoV-2 yang tak aktif dengan dosis rendah, menengah, dan tinggi, selama periode waktu tertentu. Hasilnya menunjukkan tidak adanya insiden atau efek samping parah dari vaksin yang mereka kembangkan.

Selain itu, tercipta imun hingga 100 persen dalam percobaan. Antibodi tingkat tinggi tercipta di antara orang-orang yang disuntikkan dosis tertentu.

CNBG rencananya akan melakukan tahap tiga pengujian vaksin virus corona. Namun harus dilakukan di luar negeri karena penderita corona di China tinggal sedikit. Perlu ribuan orang untuk menjalani tahap tiga ini, untuk membuktikan vaksin bisa mencegah seseorang terkena corona.

© Disediakan oleh Kumparan

Vaksin adalah satu-satunya harapan dunia untuk benar-benar mengakhiri pandemi corona yang sudah menjangkiti 8,4 juta orang dan menewaskan 451 ribu lebih manusia. Namun diperkirakan, vaksin baru akan rampung dan siap edar tahun depan.

Saat ini terdapat lebih dari 200 kandidat vaksin yang tengah dikembangkan di seluruh dunia. Amerika Utara memiliki 49 persen dari kandidat vaksin tersebut, namun China paling maju dalam pengembangannya.

Di China sendiri terdapat lima vaksin yang telah memasuki uji klinis. Selain CNBG, perusahaan CanSino di China juga telah melalui tahap dua pengujian.

%d blogger menyukai ini: