27 September 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Kapolsek Muh Nur, Almarhum Alfian Meninggal Di Lilit Ular

Laporan; Drs Jamuddin
Editor; Taufiqurrahman

timurmerdeka.com – Rumbia. Alfian meninggal karena dililit dan digigit ular Sanca di sungai gunung Kahar Kelurahan Kasipute, Kecamatan Rubia. Demikian Kapolsek Rumbia, Iptu Muh Nur Sultan SH mengawali keterangannya via handphone kepada redaksi timurmerdeka.com

@ Disediakan oleh Bandar Betoambari, Kapolsek Rumbia, Iptu Muh Nur Sultan SH. Photo; dok Pribadi

Lebih rinci Kapolsek Nur menjelaskan; “Alm Alfian ke gunung dengan berjalan kaki menyusuri sungai bersama 4 orang temannya dengan maksud mandi-mandi atau rekreasi. Karena penasaran dengan air sungai yang mengalir, almarhum bersama temannya melanjutkan perjalanan keatas lagi untuk mencari titik air jatuhnya”.

“Kondisi keluarga termasuk 4 orang temannya shock berat, apalagi temannya yang melihat langsung kejadian. Salah satu temannya yang melihat kejadian itu, apabila disuruh ceritakan kejadian tersebut, Dia menangis karena mengingat tragedi yang sangat memilukan itu”.

Kapolsek Nur menghimbau agar masyarakat waspada dan berhati-hati jika ke gunung atau ke hutan, sehingga dapat terhindar dari kejadian nahas seperti yang menimpa almarhum Alfian. Selain itu, peristiwa tragis ini telah dilaporkan sebagaimana mestinya kepada Kapolres Bombana, Wakapolres, Kabag Ops dan Kasat Reskrim.

Laporan tersebut disampaikan pada hari minggu tanggal 14 juni 2020 dengan kronologis sebagai berikut ;

Identitas korban :

Nama : Alfian (MD), Umur : 16 Tahun, Pekerjaan : Pelajar SMP kelas II
Alamat : BTN pasir putih, Kel. Kasipute, Kec. Rumbia, Kab. Bombana.

@ Disediakan oleh Bandar Betoambari, Almaruh Alfian. Photo; dok Polsek Rumbia

Identitas saksi-saksi :

1. Nama : Andi Robin (Korban digigit ular). Umur : 16 Tahun. Pekerjaan : Pelajar SMP. Alamat. : BTN pasir putih, Kel. Kasipute, Kec. Rumbia, Kab. Bombana.

2. Nama. : Segal Arifki (Korban di gigit ular). Umur : 14 Tahun. Pekerjaan : Pelajar. Alamat : BTN pasir putih, Kel. Kasipute, Kec. Rumbia, Kab. Bombana.

3. Nama. : Saldi. Umur : 16 Tahun. Pekerjaan : Pelajar. Alamat : Kel. Kasipute, Kec. Rumbia, Kab. Bombana.

4. Nama. : Sahrul. Umut : 18 Tahun. Pekerjaan : Tidak ada. Alamat. : Kel. Kasipute, Kec. Rumbia, Kab. Bombana.

Kronologis kejadian

1.Pada hari Minggu (14/06) sekitar jam 11.00 wita, korban lelaki Alfian bersama temannya lelaki Andi Robin, Segal, Saldi dan Sahrul menuju pengunungan Kahar di wilayah kelurahan Kasipute dengan maksud mencari air terjun. Dalam perjalanan ke atas gunung korban Alfian jalan didepan teman-temannya dengan jarak sekitar 10 meter.

Suatu saat, teman-temannya mendengar teriakan minta tolong dan saksi 1 dan 2 berlari menuju korban Alfian berteriak dan setelah tiba ditempat kejadiaan – saksi melihat Alfian dalam keadaan terlilit ular pada bagian lehernya dan kepala ular mengigit pada bagian pahanya.

2.Saksi-saksi sempat menolong korban Alfian dengan cara; saksi 1 menarik ekor ular tersebut dan saksi 2 memukul kepala ular dengan menggunakan batu sampai gigitan ular pada bagian paha terlepas dan mengigit tangan saksi 2 namun usaha para saksi menolong sia-sia karena lilitan ular semakin erat.

3.Saksi 1 melihat kalau saksi 2 digigit dan sempat membantu saksi 2 sehingga saksi 1 ikut juga digigit ular.

4.Pada saat dikampung saksi 3 bertemu dengan lelaki Alwan dan minta tolong “Om, temanku di gigit ular”. Serta merta lelaki Alwan memanggil warga setempat kemudian mereka naik ke gunung Kahar ditempat kejadian dan setelah mereka sampai ditempat, lelaki Alwan melihat seekor ular besar di pohon besar.

Alwan kemudian berteriak mengatakan “ular itu ada di pohon” seraya memanggil lelaki Biddi “ular dibelakangmu”. Biddi serta merta balik kebelakang dan melihat korban lelaki Alfian masih dililit ular besar, kemudian lelaki Biddi mengoyang-goyangkan pohon sehingga ular tersebut melepaskan lilitannya dan lari mengarah ke sungai. Pada kesempatan itulah lelaki Biddi memarangin dan memotong ular tersebut hingga mati ditempat kejadian.

5.Setelah ular besar itu mati, warga bersama para saksi-saksi membawa korban Alfian ke kampung tepatnya di rumah lelaki Sudirman tempat tinggal korban selama bersekolah di SMP Rumbia – Kasipute.

6. Sekitar pukul 15.00 wita, orang tua korban lelaki Alfian bersama keluarganya tiba dari Desa Tongkoseng, Kecamatan Tontonunu dan sekitar pukul 16.00 wita, korban dibawa pulang untuk di kebumikan.

Mengikuti prosedur tetap, Kapolsek Nur mengarahkan anggotanya untuk segera lakukan :

1. Mendatangi dan mengolah tempat kejadian perkara (TKP).
2. Mencari dan meminta keterangan saksi-saksi.
3. Berkoordinasi dengan Puskesmas Rumbia untuk keperluan visum et repertum (VER).
4. Melakukan koordinasi dengan bagian identifikasi Polres Bombana.
5. Mohon petunjuk dan arahan pimpinan.
(****)

%d blogger menyukai ini: