1 Desember 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Ridwan Kamil Tanggapi Teori Konspirasi Corona Dan WHO

Berita ini diberdayakan untuk kumparan.com
Oleh; kumparanNEWS

© Disediakan oleh Kumparan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat mengumumkan 15 daerah di Jabar yang terapkan new normal. Foto: Dok. Pemprov Jabar

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menanggapi soal adanya teori konspirasi yang membuat segelintir orang meragukan World Health Organization (WHO) dalam menangani virus corona.

Menurut Ridwan Kamil, adanya segelintir orang ragu dengan WHO merupakan suatu dinamika.

“Ya saya sih percayakan pada syariatnya saja, hadisnya menyatakan bahwa serahkan segala urusan pada ahlinya. Ya kalau WHO enggak dipercaya, mau percaya ke siapa lagi? WHO itu kumpulan dokter-dokter ahli peneliti kesehatan gitu kan,” ujar Ridwan Kamil, Jumat (12/6).

“Kalau yang merekomendasikan kesehatannya Unesco atau lainnya kan meragukan,” lanjut mantan Wali Kota Bandung itu.

Menurut Ridwan Kamil, dinamika keraguan akan WHO itu disebabkan karena corona ini merupakan virus baru. Sehingga, semua orang saling berteori dan menerka-nerka.

“Kenapa ada dinamika? Karena virusnya baru. Semua orang berteori dan menerka. Contoh, WHO dulu mengumumkan yang sehat jangan pakai masker maka dalam situasi itu kita umumkan kan yang pakai masker yang sakit saja,” ujar dia.

“Ternyata ada temuan, bahwa virusnya lewat udara dan menempel itu kan temuan baru mengubah rekomendasi pakai masker, sekarang yang sehat pun pakai masker,” lanjut Ridwan Kamil.

Lebih lanjut Ridwan Kamil juga menyebut selama ini, selalu mengandalkan ahli dan ilmuwan lokal di Jawa Barat untuk meneliti terkait virus corona ini.

“Dan kalau hasilnya sama akan kita lakukan kebijakan, kalau berbeda ya kita menyesuaikan enggak harus mengikuti standar WHO,” kata dia.

%d blogger menyukai ini: