9 Juli 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Crazy Rich RI Punya Jet Pribadi: Prabowo Hingga Susi Pudjiastuti

Berita ini diberdayakan untuk kumparan.com
Oleh; Crazy Rich

Orang-orang tajir memang memiliki tingkah yang bikin kita berdecak kagum. Salah satunya adalah memiliki jet pribadi. Jet pribadi memang lebih nyaman digunakan ketimbang menaiki pesawat komersil.

Privasi yang sangat terjaga dan tidak harus berdesak-desakan dengan penumpang lain yang tidak dikenal. Selain itu, menggunakan jet pribadi bisa lebih leluasa dan eksklusif.

Berkendara menggunakan jet pribadi tak perlu antre. Bila ingin keliling dunia, tinggal bilang saja ke pilotnya. Tak semua orang bisa mempunyai pesawat pribadi. Hanya orang-orang terentu saja atau crazy rich.

Selain harga pesawatnya yang mahal, biaya perawatannya pun juga tak main-main. Namanya juga crazy rich, apapun yang mereka mau mereka dapatkan.

Berikut adalah daftar crazy rich pemilik jet pribadi.

© Disediakan oleh Kumparan Foto : petualang.travelingyuk.com

1. Chairul Tanjung

Tak periu diragukan, Chairul Tanjung merupakan crazy rich Indonesia. Menurut masalah Forbes tahun 2018, kekayaan yang ia miliki senilai USD 35 miliar. Pemimpin CT Crop ini bahkan memiliki dua pesawat jet.

Salah satunya merupakan jenis Gulfstream G550 yang berharga Rp400 Miliar. Gulstream memiliki kapasitas 19 orang. Mesin yang digunakan adalah Rolls-Royce BR700 yang dapat melesat hingga 941 km/jam. Pada ujung ekor pesawatnya, terdapat logo CT Crop.

© Disediakan oleh Kumparan Foto : cdn2.tstatic.net

2. Surya Paloh

Tak kalah dengan Chairul Tanjung, Surya Paloh juga memiliki dua jet pribadi. Satu pesawat dengan jenis British Aerospace BAe 146 seharga Rp340 Miliar yang telah dimodifikasi.

Pesawat berkapasitas 18 orang itu memiliki ruang tidur, ruang makan, dan ruang santai. Sedangkan, Pesawat lain adalah tipe Jet Embraer 190 dengan kapasitas 16 orang.Jet Embraer ini bernilai sebesar Rp 404 Miliar.

© Disediakan oleh Kumparan Foto : foto.wartaekonomi.co.id

3. Haji Isam

Haji Isam atau Andi Syamsuddin Arsyadini merupakan pengusaha batu bara asal Kalimantan. Ia adalah pemilik PT Jhonlin Argo Mandiri. Jet pribadi yang ia miliki adalah tipe G-5 (Gulfstream G-5). Jet tipe ini memiliki kualitas terbaik di kelasnya. Harga G-5 yakni sekitar Rp714 M.

© Disediakan oleh Kumparan Foto : Kopkun.com

4. Susi Pudjiastuti

Susi Pudjiastuti juga memiliki pesawat pribadi. Dirinya juga dikenal memiliki perusahaan maskapai bernama Susi Air. Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan ini mempunyai perusahaan pelayanan carter pesawat. Selain itu, kebanyakan pesawatnya digunakan untuk melayani penerbangan bisnis.

Susi memiliki beragam jenis pesawat. Seperti Piaggio Avanti II P180, Cessna Grand Caravan Executive, Cessna Grand Caravan Commuter, Agusya Grand A109S, Air Tractor AT802 Fuel Hauler, dan Diamond Da-42 Twin Star.

© Disediakan oleh Kumparan Foto : petualang.travelingyuk.com

5. Dato Sri Tahir

Prof Dato Sri Tahir memiliki pesawat Global 5000, Tail M JGJV. Ia adalah pria terkaya ke-10 Indonesia tahun 2018. Tak heran bila peswatnya mencapai harga Rp 800 Miliar. CEO Mayapada Group ini menggunakan pesawatnya untuk perjalanan bisnis dan memberikan bantuan pada saat terjadinya bencana di Palu.

© Disediakan oleh Kumparan Foto : cdns.klimg.com

6. Prabowo Subianto

Prabowo memiliki pesawat Embraer Legacy 600. Pesawat itu menampung maksimal 8 penumpang. Pesawat yang diproduksi di Brazil ini juga dimodifikasi untuk memenuhi kebutuhannya menjalankan bisnis dan kunjungan politik. Sehingga banyak ruang yang digunakan untuk rapat dan membaca.

Menteri Pertahanan menggunakan mesin Rolls-Royce AE 3007/A1P turbofans, 33.0 kN di pesawatnya. Mesin ini mampu menempuh kecepatan hingga 834 km/jam. Harga pesawat Prabowo Subianto ditaksir mencapai Rp 375 miliar.

© Disediakan oleh Kumparan Foto : wartakota.tribunnews.com

7. Aburizal Bakrie

Aburizal Bakrie memiliki peswat jenis Embraer Legacy 600. Ia tak hanya memiliki satu pesawat. Tapi ia memiliki 3 sampai 4 jenis pesawat pribadi. Mobilitas Bakrie memang tinggi sebagai pengusaha dan politikus Partai Golkar. Kapasitas pesawatnya mampu menampung 13 orang. Embraer Legacy 600 nya dibandrol dengan harga Rp 275 miliar. Sedangkan peswat lainnya, Boeing Business Jet 737-700 mampu menampung 25-50 orang.

© Disediakan oleh Kumparan
%d blogger menyukai ini: