25 September 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Kembali Tolak Pakai Masker, Donald Trump Tur di Gudang APD

Berita ini diberdayakan untuk kumparan.com
Oleh; kumparanNEWS

Presiden Amerika Serikat Donald Trump konsisten dengan penolakannya memakai masker. Hal ini kembali terlihat ketika dia melakukan kunjungan ke gudang distributor alat pelindung diri atau APD.

Pada Kamis (14/5), Trump mengunjungi perusahaan Owens & Minor Inc di Allentown, Pennsylvania, yang telah menyalurkan jutaan masker N95, sarung tangan, dan baju hazmat ke rumah sakit di seluruh AS. Dalam foto-foto yang diunggah AFP, terlihat hampir semua orang mengenakan masker, kecuali Trump dan sebagian kecil lainnya.

Padahal memakai masker adalah ujaran dari pemerintah AS untuk mencegah penularan virus corona. Bahkan kini Gedung Putih juga mewajibkan masker untuk para staf setelah beberapa pekerja di dalamnya terjangkit COVID-19.

© Disediakan oleh Kumparan Presiden AS Donald Trump mengunjungi distributor pasokan medis Owens and Minor Inc. di Allentown, Pennsylvania pada (14/5). Foto: AFP/ MANDEL NGAN

Dalam kunjungan pekan lalu di Arizona, Trump juga menolak pakai masker. Padahal ketika itu dia datang ke pabrik masker. Wakilnya Mike Pence juga tak pernah terlihat pakai masker, termasuk saat mengunjungi lab penelitian corona beberapa waktu lalu.

© Disediakan oleh Kumparan

Associated Press (AP) beberapa waktu lalu mengutip para pejabat Trump menanyakan alasan presiden tolak pakai masker. Mereka mengatakan, Trump tidak akan memakai masker agar rakyat Amerika Serikat tak mengira dirinya mementingkan kesehatan ketimbang ekonomi. Citra ini penting demi popularitas Trump untuk pemilu 2020.

Alasan lainnya, ujar sumber Gedung Putih kepada AP, adalah karena Trump sangat peduli pada penampilannya. Trump tidak ingin terlihat “konyol” dengan bermasker dalam siaran televisi.

© Disediakan oleh Kumparan Presiden AS Donald Trump mengunjungi distributor pasokan medis Owens and Minor Inc. di Allentown, Pennsylvania pada (14/5). Foto: AFP/MANDEL NGAN

Trump sendiri kini setiap hari menjalani tes virus corona. Di AS, virus corona telah menjangkiti hampir 1,5 juta orang dan menewaskan hampir 87 ribu orang.

Saat ini, Trump tengah menggenjot produksi APD sehingga diharapkan AS memiliki pasokan yang aman. Sebelumnya pemerintah Trump menyatakan ingin memasok hingga 300 juta masker N95.

Secara nasional, Trump ingin AS punya cadangan hingga 1 miliar masker N95 dari yang ada saat ini hanya 13 juta. Hal ini penting demi mempersiapkan AS menghadapi pandemi berikutnya.

“Saya ingin agar Amerika siap sepenuhnya untuk wabah di masa depan, yang kami berharap hal itu tidak akan pernah terjadi,” kata Trump di akhir turnya di gudang APD, dikutip dari Reuters.

© Disediakan oleh Kumparan Presiden AS Donald Trump mengunjungi distributor pasokan medis Owens and Minor Inc. di Allentown, Pennsylvania pada (14/5). Foto: AFP/ MANDEL NGAN
%d blogger menyukai ini: