25 September 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Donald Trump Tolak Pakai Masker Untuk Cegah Corona

Berita ini diberdayakan untuk kumparan.com
Oleh; kumparanNEWS

© Disediakan oleh Kumparan Presiden AS Donald Trump mengenakan kacamata pelindung saat berkunjung ke pabrik masker di Phoenix, Arizona, AS. Foto: REUTERS/Tom Brenner

Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan para pejabatnya tidak pernah terlihat memakai masker. Padahal, memakai masker adalah salah satu rekomendasi untuk mencegah penularan virus corona.

Bahkan dalam kunjungan ke pabrik masker di Phoenix, Arizona, pekan ini, Trump tidak memakai masker. Wakilnya Mike Pence juga tak pernah terlihat pakai masker, termasuk saat mengunjungi lab penelitian corona beberapa waktu lalu.

Reuters melaporkan, orang-orang di Gedung Putih juga jarang terlihat pakai masker. Ketika Pusat Pencegahan Penyakit AS atau CDC mengeluarkan rekomendasi untuk pakai masker, termasuk masker kain, Trump mentah-mentah menolaknya.

“Saya kira saya tidak akan melakukan itu,” kata Trump ketika itu.

Para pejabat pemerintahan Trump yang tak disebut namanya mengungkapkan alasan mengapa presiden AS menolak pakai masker. Kepada Associated Press (AP), Kamis (7/5), mereka mengatakan Trump pernah berujar kepada para penasihatnya bahwa memakai masker “akan memberikan pesan yang salah”.

© Disediakan oleh Kumparan

Trump, kata mereka, mengatakan jika dia memakai masker maka masyarakat Amerika Serikat akan menganggapnya lebih mementingkan sektor kesehatan ketimbang fokus membuka kembali perekonomian. Citra ini penting demi popularitas Trump untuk pemilu 2020.

Alasan lainnya, ujar sumber Gedung Putih kepada AP, adalah karena Trump sangat peduli pada penampilannya. Sumber AP mengatakan, Trump tidak ingin terlihat “konyol” dengan bermasker dalam siaran televisi.

Trump khawatir wajahnya dengan masker akan jadi citra negatif di banyak media. Bisa dimaklumi, pasalnya wajah Trump telah banyak menghiasi meme kocak di media sosial.

© Disediakan oleh Kumparan Presiden Amerika Serikat Donald Trump Foto: Reuters/Jonathan Ernst

Di saat AS berjuang melawan corona yang telah menjangkiti 1.292.623 orang dan menewaskan 76.928 orang, tindakan Trump dianggap jadi contoh buruk. Bagaimana rakyat patuh memakai masker jika pemimpinnya saja abai?

“Sebagai presiden AS, dia seharusnya menghormati imbauan yang dia berikan sendiri kepada masyarakat,” kata Pemimpin Senat AS dari Partai Demokrat Nancy Pelosi.

Sejauh ini Trump dinyatakan negatif virus corona. Bahkan kini tes terhadap Trump dan Pence akan dilakukan setiap hari setelah seorang valet Gedung Putih positif COVID-19.

%d blogger menyukai ini: