7 Juli 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Test Corona Tanzania Abal-abal, Diuji ke Kambing dan Buah

Berita ini diberdayakan untuk kumparan.com
Oleh; kumparanNEWS

Test kit atau alat pengujian virus corona di Tanzania ternyata abal-abal alias palsu. Hal ini terbukti setelah dilakukan pengujian ke kambing dan buah.

Diberitakan Reuters, Presiden Tanzania John Magufuli pada Minggu (3/5) mengatakan tes kit yang mereka impor ternyata abal-abal dan error. Tidak disebutkan dari mana mereka mendapatkan alat tersebut, namun dia mengaku akan menyelidikinya.

© Disediakan oleh Kumparan

“Ada sesuatu yang terjadi. Saya telah katakan sebelumnya, kita jangan begitu saja menerima setiap bantuan yang bisa berguna bagi negara ini,” kata Magufuli.

Sebelumnya Magufuli telah memerintahkan pasukan keamanan Tanzania untuk memeriksa kualitas test kit tersebut. Lalu mereka mengambil sampel non-manusia, termasuk kambing, domba, dan pawpaw, sejenis buah yang mirip mangga namun bertekstur seperti pepaya.

© Disediakan oleh Kumparan Ilustrasi Buah Paw Paw. Foto: Shutterstock

Sampel itu lalu diberi nama seperti nama manusia dan diserahkan ke laboratorium untuk dites menggunakan test kit tersebut. Pihak lab tidak tahu jika yang mereka tes adalah sampel hewan dan buah.

Hasilnya sampel kambing dan pawpaw dinyatakan positif. Magufuli mengatakan, hasil ini menunjukkan error pada test kit. Dia khawatir ada banyak warga Tanzania yang dinyatakan positif, padahal negatif.

Per Minggu, ada 480 kasus virus corona di Tanzania dengan 17 kematian. Tapi pemerintahan Magufuli dikritik karena tak transparan dan terlalu lama memberikan update kasus corona.

Walau virus corona belum ada vaksin dan obatnya, namun Magufuli mengatakan Madagaskar telah menemukan campuran herbal yang mampu mengatasi corona. Dia mengaku telah mengirim pesawat ke Madagaskar untuk mengambil obat tersebut.

“Saya telah berkomunikasi dengan Madagaskar. Mereka punya obatnya. Kami mengirim pesawat ke sana dan obatnya akan dibawa ke negara ini agar warga Tanzania bisa diuntungkan,” kata Magufuli.

***

%d blogger menyukai ini: