29 September 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Jokowi: Program Social Safety Net Harus Dipercepat

Berita ini diberdayakan untuk kumparan.com

Oleh; kumparanNEWS

© Disediakan oleh Kumparan Mudik bawa petaka Foto: Indra Fauzi/kumparan

“Saya minta percepatan program social safety net dari pengaman sosial yang berikan perlindungan di sektor informal dan pekerja harian, dan program insentif ekonomi mikro kecil betul-betul segera dilaksanakan di lapangan,” kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas virtual, Senin (30/3).

“Sehingga para pekerja informal, buruh harian, asongan semua bisa memenuhi kebutuhan dasarnya sehari-hari,” ucapnya.

© Disediakan oleh Kumparan Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers terkait COVID-19 di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (16/3). Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak

Menurutnya, gelombang pulang kampung atau mudik dari Jakarta ke daerah saat ini terjadi karena faktor ekonomi. Para pekerja informal dan harian kini penghasilannya menurun drastis akibat situasi tanggap darurat COVID-19.

“Saya melihat arus mudik dipercepat bukan karena faktor budget …, tapi karena memang terpaksa yang terjadi di lapangan. Banyak pekerja informal yang terpaksa pulang kampung karena penghasilannya menurun sangat drastis atau bahkan hilang,” ujarnya.

Oleh karena itu, menurutnya program social safety net saat ini sangat mendesak untuk segera diterapkan. Sehingga ada jaminan hidup bagi para pekerja informal dan harian tersebut.

Sementara, untuk masyarakat yang sudah terlanjur mudik ke daerah, Jokowi meminta kepala daerah dengan seksama melakukan pengawasan. Langkah itu dilakukan demi mencegah penyebaran virus corona.

“Untuk warga yang sudah terlanjur mudik, saya minta gubernur, bupati dan wali kota meningkatkan pengawasannya di wilayah masing-masing, sangat penting,” tegasnya.

%d blogger menyukai ini: