16 Juli 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Aksi Kapolsek Cisoka Banten Bubarkan Resepsi Pernikahan

Berita ini diberdayakan untuk kumparanNEWS

Acara pernikahan kembali dibubarkan kepolisian untuk mencegah wabah virus corona. Kali ini lokasi kejadian berada di Desa Jenging, Kec. Cisoka, Banten.

Dalam video yang diterima kumparan, Minggu (29/3), polisi tampak mendatangi acara pernikahan yang sedang berlangsung. Bahkan tenda pernikahan pun telah berdiri.

“Bahwa situasinya saat ini ibu juga tahu, bahwa ada wabah corona. Kasihan warga-warga berkumpul. Yang penting nikahnya sah. Kita tidak melarang, tapi ditunda,” kata Kapolsek Cisoka AKP Akbar.

Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi mengatakan, pihaknya melakukan upaya persuasif dengan meminta pada penyelenggara menunda acara. Bila tetap berlangsung harus tanpa undangan.

“Setalah dibubarkan oleh pihak kepolisian para panitia serta pengunjung meninggalkan tempat dan kegiatan resepsi pernikahan telah berhenti atau tutup,” kata Edy kepada kumparan, Minggu (29/3).

© Disediakan oleh Kumparan

Sebelumnya, Kapolri Idham Aziz menerbitkan maklumat Nomor Mak/2/III/2020 pada Kamis (19/3).

Maklumat tersebut sebagai respons kebijakan pemerintah yang meminta masyarakat berdiam diri di rumah, dan seluruh pihak agar tidak membuat acara pengumpulan massa demi mencegah penyebaran virus corona.

Idham menyatakan, asas penerbitan maklumat itu guna menjaga keselamatan rakyat yang merupakan hukum tertinggi (Salus Populi Suprema Lex Esto).

Dalam maklumat itu, Idham melarang masyarakat untuk mengadakan kegiatan atau acara yang menyebabkan berkumpulnya massa, baik di tempat umum dan lingkungan sekitar.

%d blogger menyukai ini: