29 September 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Ibunda Wafat, Jokowi Dapat Ucapan Belasungkawa dari Para Pemimpin Negara

Berita ini diberdayakan untuk kumparanNEWS

@jokowi© Disediakan oleh Kumparan Presiden Joko Widodo saat meminta restu kepada ibunya, Sudjiatmi Notomihardjo. Foto: Instagram/@jokowi

Sejumlah pemimpin negara menyampaikan belasungkawa kepada Presiden Jokowi atas wafatnya Ibunda Sudjiatmi Notomihardjo, Rabu (25/3) lalu.

Berdasarkan informasi dari Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, salah satu pemimpin dunia yang menyampaikan belasungkawa adalah Raja Salman dari Arab Saudi. Hal itu disampaikan saat membuka pertemuan KTT Luar Biasa G20 secara virtual, Kamis malam (26/2020).

© Disediakan oleh Kumparan Raja Salman bin Abdulaziz hadir melalui tautan video KTT virtual G20 dari Riyadh, Arab Saudi, Kamis (26/3). Foto: Bandar Algaloud/Courtesy dari Pengadilan Kerajaan Saudi/Handout melalui REUTERS

Tak hanya di situ saja, lewat surat resmi yang diterima, para pemimpin negara lainnya seperti Sultan Haji Hassanal Bolkiah dari Brunei Darussalam, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, Presiden Singapura Halimah Yacob, dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, juga mengucapkan duka.

“Dengan rasa berduka cita dan amat terharu mendengar berita mengenai kembalinya ke Rahmatullah Ibu kepada Tuan yang terutama. Beta ingin menyampaikan ucapan takziah dan simpati yang mendalam,” sebagaimana tertulis dalam surat dari Sultan Hassanal Bolkiah.

© Disediakan oleh Kumparan Sudjiatmi Notomihardjo (kiri) dan Joko Widodo (kanan). Foto: ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

Kemudian Presiden Persatuan Emirat Arab (PEA) Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan, Wakil Presiden sekaligus Perdana Menteri PEA Mohammed bin Rashid Al Maktoum, dan Putra Mahkota Abu Dhabi, PEA Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ), turut menyampaikan belasungkawa.

“Kami turut berduka mendengar kepergian Ibunda Yang Mulia Bapak Presiden, kami turut bersimpati dan belasungkawa tulus kepada Yang Mulia Bapak Presiden, pemerintah Republik Indonesia dan keluarga Bapak Presiden,” ucap ketiga pemimpin PEA tersebut.

© Disediakan oleh Kumparan Presiden Joko Widodo (tengah), bersama Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep di tahlilan mendiang Sudjiatmi Notomihardjo, di Surakarta, Jumat (27/3). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden/Rusman
© Disediakan oleh Kumparan Suasana tahlilan ibunda Presiden Joko Widodo, Sudjiatmi Notomihardjo, di Surakarta, Jumat (27/3). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden/Rusman

Terakhir, para pemimpin negara seperti Sultan Oman Haitham Bin Tarik, Perdana Menteri Bahrain Shaikh Khalifa Bin Salman Al Khalifa, Presiden Guinea-Bissau Umaro Sissoco Embalo dan Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin juga menyampaikan ucapan tersebut.

Sudjiatmi Notomihardjo tutup usia setelah empat tahun berjuang melawan kanker tenggorokan pada Rabu (25/3) di Rumah Sakit Slamet Riyadi Solo.

© Disediakan oleh Kumparan Presiden Joko Widodo ikuti KTT LB G20 dari Istana Bogor Foto: Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden

Menurut Jokowi, sebenarnya, ibunya sempat dirawat dan menjalani terapi di RSPAD. Namun, takdir berkata lain.

Sudjiatmi mengembuskan napas terakhir sekitar pukul 16.45 WIB. Almarhumah dimakamkan di pemakaman keluarga di Mundu, Kabupaten Karanganyar, Kamis (26/3), sekitar pukul 13.00 WIB.

%d blogger menyukai ini: