1 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Gratis, Staf Komando Resimen Mahasiswa Mahanuku Akan Rekrut 300 Anggota

Laporan; Sultan Nur Alam San Regga
Editor; LM Amirul Nasiru

timurmerdeka.com – Ternate. Komando Latihan Mahanuku II, menggelar rapat internal Resimen Mahasiswa (Menwa) Sat-02/Baabullah (09/03) pukul 20.00 WIT di Mako Menwa Institut Agama Islam Negeri Ternate.

Dalam rapat pengurus Skomen Mahanuku yang dihadiri 4 satuan Menwa yang tergabung dalam Komando Latihan (KOLAT) Mahanuku II, Ansyahari Pora S.T selaku Komandan Latihan (DANLAT) menyampaikan; ada perubahan pada sistem perekrutan calon anggota Menwa.

“Sekarang titik fokus perekrutan bukan lagi di perguruan tinggi yang ada di Ternate saja, melainkan sampai ke seluruh Perguruan Tinggi yang ada di Maluku Utara dan saat ini jumlah calon yang akan di rekrut sudah mencapai 300 orang calon anggota Menwa” Ucap Ansyhari Pora S.T saat di konfirmasi timurmerdeka.com.

Sumber lain mensinyalir, Resimen Mahasiswa (MENWA) telah hadir di Maluku Utara sejak tanggal 20 Januari 2019 dengan nama Staf Komando Menwa (SKOMEN) Mahanuku yang ketuanya dipimpin oleh Edy Langkara SH, MH – dan ternyata beliau saat ini menjabat sebagai Bupati Kabupaten Halmahera Tengah (HALTENG).

@ Disediakan oleh Bandar Betoambari, Ketua Resimen Mahasisa Mahanuku, Edy Langkara SH, MH – Bupati Kabupaten Halmahera Tengah (HALTENG). Photo; Sultan/timurmerdeka.com

Skomen Mahanuku di ambil dari nama Pahlawan Nasional asal Tidore yang tak lain adalah Sultan Nuku. Sudah menjadi rahasia umum bahwa Sultan Nuku pada masanya – berjuang mengusir penjajah Belanda dari tanah Maluku Utara.

Dengan latar belakang itulah maka pada Musyawarah Nasional (MUNAS) Menwa seluruh Indonesia, disepakati dan diresmikanlah nama Mahanuku sebagai Skomen Mahasiswa yang berbasis dan bermarkas di Maluku Utara.

Diketahui, Menwa sebagai pasukan cadangan Nasional di Maluku Utara – jumlahnya masih tergolong sedikit, maka Skomen melakukan langkah sosialisasi dan perekrutan anggota ke sejumlah Perguruan Tinggi di berbagai Kota/kabupaten antara lain; Ternate, Tidore, Sofifi, Tobelo, Morotai dan Sanana.

“Dalam proses sosialisasi perekrutan nanti, semuanya akan di kembalikan ke Perguruan Tinggi yang bersankutan. Kami masih mendata perguruan mana saja yang belum terdapat UKM Menwa di dalamnya, agar dapat menjadi sasaran yang tepat untuk proses perekrutan”.

“Sedangkan beberapa Perguruan Tinggi yang sudah memiliki UKM Menwa di dalamnya akan melaksanakan sosialisasi sesuai perintah dari Komandan Satuan (DANSAT) masing masing”.

“Terkait dengan sarana dan prasana, Kami pihak Skomen telah bekerja sama dengan Korem 152/Baabullah, agar dapat melaksanakan Pendidikan Latihan Dasar Militer (DIKLATSARMIL) di YONIF RK 732/BANAU. Selain itu, semua perlengkapan yang menyangkut dengan Diksar telah di biayai oleh Skomen atau gratis dan tidak di bebankan biaya kepada para Calon Menwa (CAMEN)”. Pungkas Ansyhari Pora ST yang menjabat sebagai Wakil Asisten Intel Pam (WAASPAM) di Skomen Mahanuku.(***)

%d blogger menyukai ini: