27 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Polri Tangkap 25 Tersangka Penimbun Masker di 9 Provinsi

Berita ini diberdayakan untuk kumparan.com

Oleh; kumparanNEWS

© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network Kabagpenum Divisi Humas Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra di Mabes Polri. Foto: Mirsan Simamora/kumparan

Selama minggu pertama di bulan Maret, Polri telah mengungkap 12 kasus penimbunan masker di berbagai daerah di Indonesia. Dari kasus tersebut 25 orang ditetapkan sebagai tersangka.

“Dalam persoalan penimbunan masker ini seluruhnya ada 25 tersangka,” kata Kabagpenum Divisi Humas Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (5/3).

Asep menyebut, kasus penimbunan masker tersebar di Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Banten, Kepulauan Riau, Sulawesi Selatan, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Timur.

© Disediakan oleh Kumparan Gudang penimbun masker di Tangerang, yang digrabek Polda Metro, Selasa (3/3). Foto: Dok. Polda Metro

Selain itu, polisi juga menangkap 5 penyebar hoaks di berbagai daerah. Mereka ditangani oleh Polda Banten, Polda Kalimantan Barat, dan Polda Kalimantan Timur.

“Yang bersangkutan (penyebar hoaks) kita tindak karena dia melanggar Pasal 14 dan 15 KUHP dan Undang-undang ITE karena menyebarkan berita bohong,” ungkap Asep.

© Disediakan oleh Kumparan Polres Jakarta Utara amankan 60 ribu masker. Foto: Dok. Polres Jakarta Utara/kumparan

Penimbunmasker akan dijerat Pasal 107 Undang-undang Nomor 7 tahun 2014 tentang perdagangan dengan ancaman hukuman penjara 5 tahun.

“Kepolisian melakukan koordinasi dengan beberapa instansi terkait dan melakukan penyelidikan bagi para pelaku usaha yang melakukan penimbunan. Apabila terbukti akan dikenakan Pasal 107 UU Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan dengan ancaman hukuman 5 tahun dan denda Rp 50 miliar,” kata Asep di Hotel Mercure, Jakarta Utara, Selasa (3/3).

%d blogger menyukai ini: