25 November 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Begini Nantinya Wajah Ibu Kota Negara di Kalimantan Timur

Berita ini diberdayakan untuk viva.co.id

Oleh: Rochimawati, Fikri Halim

VIVA – Dewan juri resmi mengumumkan pemenang sayembara desain Ibu Kota Negara (IKN) hari ini, Senin 23 Desember 2019. Desain dengan judul ‘Nagara Rimba Nusa’ menjadi pemenang pertama Sayembara Gagasan Desain Kawasan IKN yang diselenggarakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Adapun pemenang II adalah desain dengan judul ‘The Infinite City’, disusul desain dengan judul ‘Seribu Galur’ sebagai pemenang III. Selanjutnya desain dengan judul ‘Zamrud Khatulistiwa’ ditetapkan sebagai pemenang Harapan I, dan desain dengan judul ‘Banua Rakyat Nusantara’ sebagai pemenang Harapan II.

“Hari ini saya bahagia saya senang tapi terharu, hari ini sejarah,” kata Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono di Auditorium PUPR, Jakarta, Senin 23 Desember 2019.

IKN harus beda
© VIVA Design ibu kota negara di Kalimantan Timur

Basuki menyampaikan, Ibu Kota Negara nantinya tidak hanya harus bagus tapi juga harus memiliki pembeda dengan ibu kota lain di dunia. Menurut Basuki, tiga desain pemenang utama Sayembara Gagasan Kawasan IKN ini nantinya akan dikolaborasikan dan disesuaikan dengan kondisi lapangan.

Sementara Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Danis Sumadilaga selaku Panitia Pelaksana Sayembara menambahkan, Ibu Kota Negara bukan hanya akan menjadi simbol identitas bangsa, tapi juga representasi kemajuan bangsa sekaligus demi terwujudnya pemerataan dan keadilan ekonomi, demi visi Indonesia Maju

Selanjutnya pemenang pun, nantinya akan diajak berkunjung langsung ke lokasi ibu kota baru untuk lebih mematangkan desain yang telah disiapkan.

“Kalau bisa dikolaborasikan menjadi satu yang terbaik, kita akan ke lapangan bersama, untuk menyesuaikan lagi, kondisi desain kita dengan lapangan,” kata Basuki.

Sesuai kriteria yang ditetapkan

Sementara itu, Ketua Tim Pelaksana Sayembara, Danis Hidayat Sumadilaga menuturkan pemenang yang dipilih ini sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan.

Tiga kriteria dasar yang akan ditetapkan itu diantaranya menggambarkan identitas bangsa, mengusung konsep keberlanjutan atau sustainability dalam hal ekonomi, lingkungan dan manusia, dan konsep smart city atau smart metropolis.

%d blogger menyukai ini: