24 September 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Kapolri Berencana Tingkatkan Status Sejumlah Polda Menjadi Tipe A

Berita ini diberdayakan untuk kompas.com

Oleh: Diamanty Meiliana


© Disediakan oleh Kompas.com Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (2/12/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com – Kapolri Jenderal (Pol) Idham Azis berencana meningkatkan status sejumlah polda tipe B menjadi tipe A.

“Memang ada kebijakan dari Bapak Kapolri nanti untuk Polda yang saat ini masih tipe B akan kita naikkan menjadi tipe A,” ungkap Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono di Gedung Humas Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (3/12/2019).

Beberapa polda yang akan ditingkatkan statusnya yaitu Polda Babel, Gorontalo, Maluku Utara, Kendari, dan Papua Barat. Namun, Argo tidak menyebutkan secara pasti berapa jumlah polda yang akan ditingkatkan statusnya.

Jika terlaksana, polda tersebut harus dipimpin kapolda dengan pangkat inspektur jenderal (Irjen) sementara wakapolda harus berpangkat brigadir jenderal.

Argo mengatakan bahwa kenaikan status tersebut sedang diproses. Nantinya, polisi juga akan berkoordinasi dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) terkait hal tersebut.

Menurutnya, pertimbangan kenaikan status sejumlah polda tersebut antara lain karena luas wilayah dan tingkat kriminalitas.

“Berkaitan dengan luas wilayah juga bisa. Kemudian tentang kriminalitasnya juga bisa. Semuanya beberapa indikator semuanya sudah kita pertimbangakan ya sesuai dengan kondisinya,” katanya.

Polisi, katanya, tak memiliki target tertentu perihal kenaikan status tersebut. Polri berharap hal itu dapat terlaksana secepatnya.

%d blogger menyukai ini: