6 Juli 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Survei IPO: Prabowo Tepat Jadi Menhan, Menteri KKP Edhy Diragukan

Berita ini diberdayakan untuk kumparan.com

Oleh: Kelik Wahyu Nugroho


© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network Menteri Pertahanan Prabowo Subianto tiba saat Rapat Dengar Pendapat Kementerian Pertahanan dan Komisi I DPR RI di Gedung DPR, Jakarta, Senin (11/11). Foto: Nugroho Sejati/kumparan

Indonesia Political Opinion (IPO) mengadakan survei nasional untuk mengetahui tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kapasitas menteri Kabinet Indonesia Maju.

Direktur IPO, Dedi Kurnia Syah Putra, mengatakan, Menhan Prabowo Subianto mendapatkan tingkat kepercayaan tertinggi sebesar 24,3 persen. Menurutnya, masyarakat percaya Prabowo paling cocok jadi Menhan daripada menteri-menteri yang lain.

“Kepercayaan publik terkait tokoh yang ditempatkan di kabinet yang mendapat perolehan kepercayaan tertinggi adalah Prabowo Subianto. Artinya, Prabowo dianggap publik paling sesuai dengan Kementerian Pertahanan,” kata Dedi dalam diskusi ‘Efek milenial di lingkaran Istana’ di Hotel Ibis, Jakarta Pusat, Sabtu (23/11).


© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Prabowo Ungguli Sri Mulyani

Dedi menjabarkan setelah Prabowo, Menkeu Sri Mulyani menjadi menteri kedua yang dipercaya. Lalu disusul dengan Menteri BUMN Erick Thohir, Menparekraf Wishnutama, dan Menkopolhukam Mahfud MD.

“(Tingkat kepercayaan masyarakat) Sri Mulyani 19,3 persen, Erick Thohir 11,2 persen. Dilanjutkan dengan Wishnutama 10,9 persen dan Mahfud MD 9,3 persen,” tutur dia.


© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network Menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Rabu (23/10/2019). Foto: AFP/Adek Berry

Menurut Dedi, banyak masyarakat yang tadinya percaya ke Sri Mulyani beralih ke Prabowo. Meski Prabowo baru pertama kali menjadi menteri, namun Dedi menegaskan hal ini berhubungan dengan kepercayaan publik.

“Publik sudah terbiasa dengan menteri ekonominya Ibu Sri Mulyani tapi hal itu tidak kemudian menjadikan publik banyak kepercayaan yang tinggi kepada Ibu Sri Mulyani. Kepercayaannya dialihkan ke Pak Prabowo Subianto meskipun belum pernah menjadi menteri ini hanya persoalan trust publik kepada tokoh kabinet dengan komposisi di kementeriannya,” tambahnya.


© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network Menteri Keuangan Sri Mulyani di Istana Merdeka, Jakarta. Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Tingkat Kepercayaan Edhy Prabowo Terendah

Berbeda dengan Prabowo, kader Gerindra yang juga Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mendapat tingkat kepercayaan publik paling rendah sebesar 0,7 persen.

Di atas Edhy ada Mendagri Tito Karnavian sebesar 1,0 persen dan Menag Fachrul Razi sebesar 1,5 persen.

“Paling kecil kepercayaannya terhadap Menteri yang menduduki posisinya adalah Bapak Tito Karnavian sebanyak 1,0 persen, kemudian lebih rendah lagi adalah Pak Edhy Prabowo 0,7 persen,” ucap dia.


© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo (tengah) menghadiri acara Makan Ikan Bersama di kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Kamis (21/11). Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Survei IPO dilakukan pada akhir 30 Oktober hingga 2 November dengan melibatkan 800 responden yang tersebar di 27 provinsi. Survei dilakukan dengan metode wawancara menggunakan kuesioner dengan margin of error sekitar 4,5 persen.

%d blogger menyukai ini: