24 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

3 Sektor Ini Janjikan Gaji Besar di 2020, Berapa Besarannya?

Berita ini diberdayakan untuk kompas.com

Oleh: Erlangga Djumena


© Disediakan oleh PT. Kompas Cyber Media Ilustrasi kenaikan gaji.

JAKARTA,KOMPAS.com – Survei Konsultan rekrutmen Robert Walters menunjukkan terdapat tiga sektor pekerjaan pada tahun 2020 yang paling berkembang dan memberikan pendapatan menjanjikan bagi para pekerjanya.

Country Manager Robert Walters Indonesia Eric Mary menyebut, kebutuhan akan profesional yang menguasai bidang digital akan sangat menarik bagi perusahaan-perusahan baru.

“Kami melihat bisnis e commerce dan fintech akan bertumbuh di mana bisnis tradisional juga nantinya akan berakselerasi pada teknologi. Selain itu, talenta yang menguasai teknologi akan berpotensi memperoleh keuntungan lebih dimana bisa melakukan pekerjaan secara remote,” kata Eric Mary, Country Manager Robert Walters Indonesia, di Jakarta, Kamis (21/11/2019).

Menurut dia, peluang kenaikan gaji bagi profesional yang berpindah kerja adalah kenaikan pendapatan 15 persen hingga 30 persen. Namun Eric tidak merekomendasikan pekerja yang berpindah pekerjaan di bawah pengalaman 6 sampai 1 tahun bekerja.

Sementara profesional yang sudah terikat dengan perusahaan, berpotensi mengalami kenaikan gaji pada sektor tertentu sekitar 7 sampai dengan 8 persen.

Adapun tiga sektor pekerjaan tersebut adalah:

1. Tech & Transformation

Sektor ini paling menjanjikan di tahun 2020. Karena 31 persen paling berpotensi memberikan keuntungan besar.

Sektor ini berkembang dalam bidang pembayaran, kesehatan dan pendidikan. Skill yang dibutuhkan adalah machine learning, big data, dan artificial intelligence atau kecerdasan buatan.

Ekspektasi pindah pekerjaan di sektor ini adalah karena kenaikan gaji yang cukup menjanjikan.

“Rata-rata kandidat berpindah kerja karena berharap kenaikan pendapatan 20 persen sampai 30 persen,” kata Eric.

Posisi CIO/CTO tahun 2020 diproyeksikan mendapatkan gaji Rp 11 juta sampai Rp 17 juta per bulan. Sebelumnya rata-rata mendapatkan gaji di kisaran Rp 10 juta sampai Rp 14 juta per bulan.

Kepala IT berpotensi mendapat gaji Rp 7,5 juta sampai 15 juta per bulan dari Rp 7,5 juta sampai Rp 14 juta per bulan.

Adapun head of digital berpotensi mendapatkan gaji Rp 7 juta sampai Rp 15 juta per bulan dari sebelumnya Rp 7 juta sampai Rp 13 juta per bulan.

Kemudian head of e commerce diprediksi akan mendapatkan gaji Rp 6 juta sampai Rp 14 juta per bulan. Angka itu naik dibandingkan tahun ini Rp 6 juta sampai Rp 12 juta per bulan.

2. Sales and Marketing

Sektor sales and marketing diperkirakan menjadi lini usaha menjanjikan pada tahun 2020, dengan persentase 28 persen. Sektor ini dilirik karena memiliki keseimbangan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan, pengembangan, dan budaya bekerja yang baik serta keuntungan yang kompetitif.

Skill yang dibutuhkan dari sektor ini adalah kemampuan e commerce, consumer insight, dan trade marketing.

“65 persen kandidat berharap kenaikan gaji pada sektor ini antara 7 persen sampai 15 persen,” sebut hasil penelitian Robert Walters Indonesia.

Tahun 2020, gaji sales and marketing director diproyeksikan mencapai Rp 15 juta sampai dengan Rp 20 juta per bulan dari sebelumnya pada kisaran Rp 13 juta sampai Rp 17,6 juta per bulan.

Sementara chief marketing officer berpotensi meningkat pada kisaran Rp 15 juta sampai Rp 30 juta per bulan dari sekarang pada kisaran Rp 15 juta sampai Rp 29,35 juta per bulan.

3. Legal

Sektor legal berpotensi 27 persen mengalami perkembangan di tahun 2020. Penggeraknyaadalah pendapatan yang kompetitif, pekerjaan, dan kehidupan yang seimbang dan kesempatan belajar yang cukup besar. Kebutuhan perusahaan akan menyasar kemampuan online atau startup, fintech, energi, dan infrastruktur.

“70 persen responden berharap mendapatkan kenaikan gaji 7 persen sampai 15 persen untuk sektor legal,” sebut penelitian.

Jabatan legal director tahun depan diproyeksikan naik menjadi Rp 17,5 juta sampai Rp 24 juta per bulan dari rata-rata Rp 16 juta sampai Rp 22 juta per bulan.

Untuk jabatan vice president legal diprediksi naik menjadi Rp 16 juta sampai Rp 19 juta per bulan dari sebelumnya di kisaran Rp 15 juta sampai Rp 18 juta per bulan.

Kemudian junior mid associate tahun depan diproyeksikan naik pada kisaran Rp 3 juta sampai Rp 6 juta per bulan dari sebelumnya Rp 2,5 juta sampai Rp 5 juta per bulan.

Sementara gaji senior associate naik menjadi Rp 5 juta sampai dengan Rp 10 juta per bulan dari sebelumnya Rp 4,5 juta sampai dengan 9 juta per bulan.

%d blogger menyukai ini: