22 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Air Minun Kota Baubau, Akan Jalan 24 Jam

“Sang Kuda Hitam” Ibrahim- Ilyas Deklarasi

Baubau-Timurmerdeka.com. Kehadiran pasangan Ibrahim (IBM) – Ilyas merupakan kolaborasi pasangan yang diandalkan, dan merupakan Koalisi Rakyat Bersatu. Pasalnya. Kedua pasangan ini, mampu menyatukan semua elemen masyarakat di Kota Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Hal ini dikatakan tokoh masyarakat Kota Baubau Oly Kayum, kepada media ini ditengah-tengah masyarakat ketika Deklarasi Koalisi Masyarakat Bersatu, Pasangan Ibrahim-Ilyas di Kota Mara Kota Baubau pada Minggu, (11/2/2018).

Menurutnya pasangan yang memiliki slogan “IBM-Ilyas Andalan Masyarakat Kota Baubau”, tentu merupakan suatu kolaborasi antara etnis yang mayoritas bermukim di Kota Baubau. Karena itu Ia meyakini kekuatan IBM-Ilyas akan mampu menyedot suara mayoritas  dibanyak TPS di seluruh Kota Baubau. Bahkan banyak pihak menyebutkan pasangan ini, adalah “Sang Kuda Hitam” dan diyakini akan keluar sebagai pemenang Wali Kota Baubau Periode 2018-2023.

“Pasangan andalan Koalisi masyarakat bersatu Kota Baubau IBM-Ilyas, keduanya adalah merupakan pasangan Sang Kuda Hitam. Pasangan ini akan mampu menyatukan seluruh elemen di Kota Baubau”, tuturnya.

Menyinggung tentang kesulitan masyarakat Kota Baubau yakni; tentang air minum, selama ini pemerintahan sebelumnya tak memperdulikan kesulitan masyarakatnya. Hal ini tentu saja pasangan IBM-Ilyas akan menyelesaikannya. Bahkan bisa jadi air PDAM, masyarakat akan di gratiskan.

“Air minum dikota Baubau, selama ini tak diperdulikan pemerintahan sebelumnya. Padahal air minum itu merupakan kebutuhan pokok masyarakat. Air minum sebagaimana kata IBM, akan di jalankan selama 24 jam”, ujar Oli Kayum.

Dikatakan Oly, sebagaimana tingkat kesulitan masyarakat dewasa ini, pasangan IBM-Ilyas, hadirnya tepat waktu. Pasalnya. Masyarakat Kota Baubau selama ini merasa sangat gamang. Karena kebutuhan pokoknya seperti air minum tanpa di perdulikannya.

“Kehadiran pasangan IBM-Ilyas, hadirnya di bursa Pilkada Kota Baubau, tepat waktu, karena masyarakat Buton seutuhnya, tengah-tengah gamang, karena kesulitannya, tanpa diperdulikan pemerintahan sebelumnya”, katanya.

Demikian pula pada sisi perekonomian, Oly juga menyoroti, karena kondisi dan lokasi wilayah marketing atau pasar di Kota Baubau, dapat dibilang sudah menjadi pasar sepanjang jalan. Hal ini tentu saja perputaran ekonomi juga menjadi morat-marit, gamang dan bahkan stagnan. Olehnya itu, bilamana masyarakat Kota memberikan peluang kepada IBM-Ilyas, tentu saja akan dirubah daerah ini, dalam kurun waktu 2 tahun saja.

“Pasar raya Kota Baubau menjadi pasar sepanjang jalan. Tentu saja kosentrasi perekonomian retribusi banyak batang kebutuhan pokok juga buyar. Bahkan ekonomi masyarakat akan terjadi morat-marit, stagnan, karena penataan kotanya terkesan semrawut”, papar Oly.

Sebada dengan itu, Zainal Riha Mady menjelaskan, kondisi Kota Baubau, bukan saja air minum yang menjadikan masyarakat puyeng, melainkan juga daya Listrik yang terus menurun. Artinya, kalau hanya saja air minum yang jalan 24 jam, itu belum cukup melainkan juga adanya penambahan daya Listrik. Hal ini ditegaskannya karena kesulitan masyarakat Baubau itu yang utama hanya ada dua, Listrik dan Air minum.

Hasil diskusi IBM-Ilyas sebagaimana yang diadopsinya tambah Zainal, kedua probolema masyarakat akan diatasi pasangan IBM-Ilyas. Karena itu mengenai Listrik dan air minum itu yakin saja akan terwujud, karena teknologinya semua ada di dalam negeri.

“Kesulitan Listrik dan Air Minum itu, mudah dan gampang. Karena teknologinya semua ada dalam negeri. Sehingga bilamana masyarakat mempercayakan IBM-Ilyas, itu gampang”, ujarnya.

IBM-Ilyas dalam orasi yel-yel politiknya, intinya menyinggung banyaknya kesemrawutan kondisi perekonomian kota, karena kurangnya perhatian pemerintahan sebelumnya. Karena itu, dihimbau kepada masyarakat agar kiranya dapat meluangkan waktunya, guna mendukung pasangannya.

“Pemerintahan sebelumnya kurang keberpihakannya pada masyarakat Kota. Bahkan ada indikasi memperkaya dirinya”, katanya.

Sebagaimana pemanis dan semaraknya deklarasi IBM-Ilyas, turut dihadirkan arti Ibu Kota Azizah. Dalam lantunan lagu-lagu dangdurnya mampu menyulap masa ribuan itu, untuk berjoget ria. Hal ini membuat para masa yang hadir menghilangkan kepenatannya dalam mengikuti orasi politik dari para orator pasangan IBM-Ilyas.  (Gino Samsudin).

%d blogger menyukai ini: