4 Desember 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Berita ini diberdayakan untuk viva.co.id

Oleh: Jujuk Ernawati, Agus Rahmat


© VIVA Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim

VIVA – Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim untuk benar-benar memanfaatkan teknologi. Hal itu demi meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mengingatkan bahwa Indonesia memiliki wilayah yang luas. Karena itu, pemanfaatan teknologi di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan diharapkan bisa menciptakan pendidikan berkualitas yang merata di semua wilayah Indonesia.

“Pak Mendikbud tolong dilihat betul, negara kita bukan hanya Jakarta, bukan hanya Jawa,” kata Jokowi saat rapat kabinet terbatas, kemarin, seperti dikutip dari VIVAnews.

Lebih lanjut dia mengatakan, Indonesia dari Sabang hingga Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote memiliki 17 ribu pulau, serta 514 kabupaten dan kota. Dengan mengetahui kondisi di lapangan, menurut dia, kemendikbud diharapkan bisa membuat aplikasi yang memudahkan dan mendukung kegiatan belajar dan mengajar.

“Lihatlah yang ada di misalnya Halmahera, lihatlah yang ada di Rote, Wamena, baru bisa membuat sistem apa. Aplikasi apa yang bisa kita bangun agar ada standarisasi agar ada kualitas yang enggak usah sama, mirip-mirip dan memudahkan guru, murid, pelajar-pelajar kita dalam belajar,” tuturnya.

Karena itu, Jokowi juga mengingatkan supaya semua jajaran di Kabinet Indonesia Maju harus mendukung reformasi besar-besaran di Kemendikbud, juga di Kementerian Agama. “Saya yakni, menterinya sudah paham, menkonya juga sudah berpengalaman di situ,” ucapnya.

%d blogger menyukai ini: