27 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Baubau – Timurmerdeka.com. Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Muhammadiyah Buton, Safrin Salam, S.H.,M.H., diruang kerjanya, Jumat (02/02) mengatakan ; “ dalam proses seleksi penerimaan dosen tetap di perguruan tinggi, itu harus dilakukan secara terbuka “.

Lebih jauh Safrin menjelaskan ; “ Oleh karena itu kemarin, dalam tahapan seleksi dosen tetap, itu seleksi pertama kita pake sistem Tes CAT (Computer Asisted Test) yang sampai detik ini perguruan tinggi manapun itu belum pernah, kecuali UMB.

Safrin menambahkan, sistem Tes CAT itu sama modelnya seperti tes PNS, kita mengadopsi konsep tes by sistem, jadi sistem yang bekerja, sudah bukan lagi manusia, itu yang pertama. Tes yang kedua yang mereka harus lalui dan itu menjadi ciri khas dari Muhammadiyah yakni mereka harus paham tentang tes baca tulis alQur’an, itu wajib.

Safrin yang ternyata advokat itu lebih detil lagi ; “  kemudian masuk tes yang ketiga kita masuk dalam tes microteaching juga. Jadi dosen diseleksi di UMB, itu harus ditau kemampuanya mengajar (didaktik belajar mengajar-red). Terakhir baru tes interview yang dilakukan oleh pimpinan “.

Masih Safrin ; “ Dosen UMB kualifikasinya minimal Magister, paling tinggi adalah Doktor, tapi yang kemarin itu yang tes 15 orang dan yang dinyatakan lulus hanya 12 orang, 3 orang dinyatakan tidak lulus karena kulifikasi nilainya tidak memenuhi. Kenapa seleksi seperti itu, untuk meningkatkan mutu dan kualitas Dosen yang diterima di UMB sesuai Permenristek No. 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi “.

Itu langkah pertama yang dilakukan oleh UMB untuk memperbaiki mutu terutama dalam seleksi Dosen. Kreatifitas itu harus didukung dengan sistem yang bagus, UMB sudah menyiapkan salah satu Sistem Penjaminan Mutu Intenal (SPMI) lewat LPM.

“ Kami menggenjot bagaimana budaya mutu di UMB meningkat dengan menerapkan sistem yang sama di Perguruan Tinggi yang sudah terakreditasi A atau terakreditasi B “. Safrin juga berharap akan tercipta hubungan kerjasama yang baik dan positif antara UMB dengan Timur Merdeka terutama dalam pelatihan juornalistik tingkat nasional, dan lomba karya tulis dikalangan mahasiswa. Demikian pungkas Safrin di penghujung wawancara. (Abas/AN)

%d blogger menyukai ini: