1 Desember 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Jokowi Minta Pengusaha Bersiap Hadapi Ancaman Resesi Global

Berita ini diberdayakan untuk kumparan.com

Oleh: Michael Agustinus

Presiden Joko Widodo pagi ini membuka secara resmi Musyawarah Nasional (Munas) yang ke-XVI Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (16/9). Dalam kesempatan ini, Jokowi meminta pengusaha mulai mempersiapkan diri menghadapi ancaman resesi global.


© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network

“Kemungkinan potensi resesi 1,5 tahun yang akan datang mulai dikalkulasi, dihitung-hitung dan beberapa negara sudah masuk proses resesi ekonomi. Oleh sebab itu kita harus mempersiapkan diri dan kita mampu mengambil peluang yang ada sehinggga menguntungkan negara kita,” katanya.

Jokowi juga menyebut jumlah penduduk kelas menengah sebanyak 141 juta jiwa pada 2020. Jokowi memberikan istilah the born consumers. Fenomena the born consumers ini harus bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh para pengusaha Indonesia. Sebab, pangsa pasar yang diproyeksikan semakin besar akan memberikan geliat ekonomi di daerah-daerah.

“Dibandingkan 5 tahun lalu yang cuman 70 jutaan (jiwa) terjadi peningkatan lebih dari 100 persen. Ini lah bukti adanya revolusi konsumen di Indonesia. Sebaran geografis yang ada di 25 kabupaten kota memiliki konsumen lebih 500 ribu pada tahun depan akan meningkat 54 kabupaten dan kota. Jangan sampai peluang yang ada ini dipakai merek-merek asing,” katanya.


© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network Teller Bank Mandiri menunjukkan uang pecahan Dolar AS dan Rupiah di Bank Mandiri KCP Jakarta DPR. Foto: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Jokowi pun menegaskan pemerintah akan bekerja keras untuk menggenjot investasi. Adapun upayanya dengan terus membuat kebijakan-kebijakan yang memudahkan dunia usaha.

Acara munas akan berlangsung selama empat hari, dimulai hari ini dan diikuti oleh para peserta munas, yaitu fungsionaris BPD dan peninjau fungsionaris BPP, serta undangan yang totalnya lebih dari 2.000 peserta pengusaha dari seluruh Indonesia.

Saat ini terdapat tiga kandidat calon Ketua Umum HIPMI yakni Bagas Adhadirgha (Ketua Bidang Luar Negeri dan Pariwisata BPP HIPMI), Ajib Hamdani (Wakil Bendahara Umum BPP HIPMI), dan Mardani H Maming (mantan Bupati Tanah Bumbu dan Ketua APKASI).

%d blogger menyukai ini: