3 Desember 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

5 Rumah Mungil di Dunia, Salah Satunya Ada di Bali

Berita ini diberdayakan untuk medcom.id

Oleh: Anggi Tondi Martaon

Jakarta: Brent Heavener merilis sebuah buku berjudul Tiny House. Sesuai judul, buku tersebut menceritakan perjalanannya mengunjungi dan mengeksplorasi beragam rumah mungil di dunia.


© Anggi Tondi Martaon Brent Heavener merilis sebuah buku berjudul Tiny House. Sesuai judul, buku tersebut menceritakan perjalanannya mengunjungi dan mengeksplorasi beragam rumah mungil di dunia.

Dikutip Architecturaldigest, berikut ini beberapa rumah mungil di dunia yang pernah dikunjungi Heavener.

1. Rumah Kayu Brian dan Joni


© Disediakan oleh PT Citra Multimedia Indonesia image medcom, (Foto: Benjamin Rasmussen Photo)

Heavener sangat terpukau dengan rumah yang berada di California itu. Tidak hanya dari bentuknya, dia juga terpukau dengan proses pembangunan rumah tersebut.

Brian dan Joni tidak memiliki keahlian dan pengalaman sebagai arsitektur atau pekerja bangunan sebelumnya. Namun, mereka mampu membangun sebuah rumah mungil yang sangat fungsional.

2. Outside House


© Disediakan oleh PT Citra Multimedia Indonesia image medcom
(Foto: Olivier Koning)

Heavener menganggap Outside House merupakan rumah mungil yang sangat unik. Sebab, setiap bagian rumah dibangun terpisah.

Rumah tersebut memiliki satu kabin kecil dan paviliun, dapur terbuka serta satu kamar mandi. Seluruh bagian dibuat bergaya moderen.

“Rumah ini dibangun di lokasi tropis dan subur di Hawaii, dengan dapur dan kamar mandi bergaya modern, ramping, dan kamar tidur berjarak berjalan singkat dengan tampilan indah yang sama,” kata Heavener.

3. The Hideout


© Disediakan oleh PT Citra Multimedia Indonesia image medcom
(Foto: Sasha Juliard)

Rumah mungil lain yang membuat Heavener terpukau ada di Indonesia, tepatnya di Bali. The Hideout disebut ramah terhadap lingkungan karena dibuat dari bambu.

The Hideout terdiri dari dua lantai. Rumah tersebut juga memiliki pemandangan yang sangat indah, karena terletak di sekitar Gunung Agung.

4. Rolling Hut


© Disediakan oleh PT Citra Multimedia Indonesia image medcom
(Foto: Tim Bies/Olson Kundig)

Rolling Hut berada di Pegunungan Mazama, Washington. Rumah miliki Olson Kundig itu dibuat sangat sederhana, mengandalkan material kerangka baja industri dan kayu lapis ringan.

5. Nolla


© Disediakan oleh PT Citra Multimedia Indonesia image medcom
(Foto: Joonas Linkola)

Rumah yang memiliki bentuk seperti huruf A ini terletak di Pulau Vallisaari, Finlandia. Rumah yang dirancang oleh Robin Falck itu menciptakan kesan ruang minimalis dan mengusung konsep berkelanjutan.

%d blogger menyukai ini: