24 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Berita ini diberdayakan untuk kumparan.com

Oleh: Andreas Gerry Tuwo

Komandan Kogasma Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), mendukung rencana pemerintah memindahkan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan.

“Saya tentunya mendukung segala upaya yang dilakukan oleh pemerintah dan pihak lainnya untuk terus menghadirkan masukan-masukan yang terbaik sehingga rancang bangunannya dan road mapnya itu benar-benar solid,” kata AHY di Universitas Pasundan, Kota Bandung, Sabtu (7/9).


© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network

AHY menegaskan, kebijakan pemindahan ibu kota dikeluarkan bukan tanpa perhitungan. Namun, telah dikaji secara mendalam dengan melibatkan berbagai kalangan termasuk akademisi.

“Kita berharap dan saya yakin pemerintah akan terus melakukan kajian-kajian yang mendalam sehingga apapun yang diputuskan telah mengakomodasi pandangan dan masukan dari berbagai elemen termasuk dari akademisi dan ekonomi,” paparnya.

Menurut AHY, yang perlu diperhatikan dalam memindahkan ibu kota bukan cuma pembangunan infrastruktur.

” Jadi memindahkan ibu kota bukan hanya aspek infrastruktur saja, tapi sejauh sistem kehidupan yang harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya sebuah ekosistem yang positif karena kita tidak ingin gagal,” kata dia.

Oleh sebab itu, AHY berharap keputusan matang yang sudah ambil pemerintah dapat diimplementasikan dengan baik. Sehingga persoalan-persoalan baru tak hadir di masa mendatang.

“Jangan sampai pemindahan itu dalam jangka panjang justru menghasilkan permasalahan-permasalahan baru,” ujar dia.

Pada Agustus 2019, Presiden Joko Widodo mengumumkan memindahkan ibu kota dari Jakarta ke sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kertanegara.

%d blogger menyukai ini: