27 September 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Resmi, Rudiantara Umumkan 5 September 2019 Internet Papua Nyala Lagi

Berita ini diberdayakan untuk viva.co.id

Oleh: Alika Noor Kholifah, Misrohatun Hasanah

VIVA – Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, resmi mengumumkan bahwa pemulihan internet di Papua dan Papua Barat akan mulai dilakukan pada Kamis, 5 September 2019. Proses pemulihan akan mulai dilakukan secara bertahap, dan di tiap kabupaten atau kota maksimal butuh waktu tiga jam.


© VIVA Menkominfo Rudiantara

“Wiranto sudah menyampaikan, saat situasi sudah kondusif, pembatasan layanan data bisa dinormalkan. Nah, kami beserta operator sudah menyiapkan penurunan level pembatasan, dari provinsi ke kabupaten/kota,” ujarnya di Jakarta, Selasa, 3 September 2019.

Artinya jika suasana sudah kondusif, maka masyarakat di Papua sudah bisa menikmati seluruh layanan telekomunikasi, seperti suara, pesan singkat, hingga internet, seperti WhatsApp dan media sosial.

“Saat ini masih kita lakukan koordinasi dengan teman-teman di lapangan. Papua ada 29 kabupaten/kota sedangkan Papua Barat ada 13. Mudah-mudahan besok sudah ada datanya, lusa dilakukan pemulihan secara bertahap,” katanya.

Menurut pria yang akrab disapa Chief RA itu, saat ini stakeholder yang ada di lapangan tengah memantau kondisi. Harus dilihat apakah situasi benar-benar sudah kondusif. Hingga kemarin ada 555 ribu URL yang digunakan untuk menyebar hoax.

Pemadaman internet dan pelambatan akses di Papua dan Papua Barat setidaknya sudah berlangsung selama 15 hari, dimulai dari 19 Agustus 2019. Upaya yang dilakukan pemerintah ini bertujuan untuk menekan penyebaran hoaks yang mengakibatkan kerusuhan semakin memanas.

%d blogger menyukai ini: