25 September 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

10 Capim KPK Tersisa: Antam Tersingkir, Firli Bertahan

Berita ini diberdayakan untuk kumparan.com

Oleh: Taufik Rahadian

Pansel meloloskan 10 capim KPK dari hasil tes kesehatan dan wawancara terbuka. Kesepuluh nama itu sudah diserahkan kepada Presiden Joko Widodo.

Para capim itu menyingkirkan 10 nama lainnya. Salah satu nama yang tak lolos ialah Wakabareskim Irjen Antam Novambar.


© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network Irjen Antam Novambar saat mengikuti tes wawancara dan uji publik Calon Pimpinan KPK di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta Pusat. Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan

Total ada tiga polisi yang tak lolos termasuk Antam. Dua lainnya ialah Bambang Sri Herwanto dan Sri Handayani. Sementara Kapolda Sumatera Selatan yang juga mantan Deputi Penindakan KPK Irjen Firli Bahuri lolos.


© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network Firli Bahuri saat mengikuti tes wawancara dan uji publik Calon Pimpinan KPK di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta Pusat. Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan

Sementara calon dari kejaksaan tinggal menyisakan satu orang, yakni Johanis Tanak, Direktur Tata Usaha Negara pada JAM Perdata dan Tata Usaha Negara.

Alexander Marwata pun tercatat menjadi satu-satunya petahana komisioner KPK yang lolos.


© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network Alexander Marwata saat mengikuti tes wawancara dan uji publik Calon Pimpinan KPK di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta Pusat. Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan

Ketua Pansel Capim KPK, Yenti Garnasih, menyatakan bahwa pemilihan yang dilakukan pihaknya sudah melalui berbagai pertimbangan. Termasuk masukan dari masyarakat.

“Beberapa nilai ada banyak pertimbangan, ada pertimbangan-pertimbangan karena kan misalnya masukan dari masyarakat ya,” kata Yenti dalam konferensi pers di Istana Negara, Jakarta, Senin (2/9).


@ Disediakan oleh www.timurmerdeka.com

Berikut 10 nama yang dinyatakan lolos oleh Pansel Capim KPK:

  1. Alexander Marwata
  2. Firli Bahuri
  3. I Nyoman Wara
  4. Johanis Tanak
  5. Lili Pintauli Siregar
  6. Luthfi Jayadi Kurniawan
  7. Nawawi Pomolango
  8. Nurul Ghufron
  9. Roby Arya
  10. Sigit Danang Joyo
%d blogger menyukai ini: