9 Juli 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Di RI Bakal Ada Mobil Listrik yang Nurut seperti Binatang Peliharaan

Berita ini diberdayakan untuk 100kpj.com

Oleh: 100kpj.com

100kpj – Mobil listrik Tesla Model 3 pertama kali diperkenalkan di dunia pada 2016. Kemudian di 2017 konsumen baru bisa memboyongnya, lalu pada 2019 mobil ramah lingkungan itu mendapatkan upgrade software.


© Disediakan oleh PT VIVA MEDIA Baru

Pembaharuan tersebut mencangkup fitur-fitur canggih. Salah satunya Enhanced Summon, perangkat lunak tersebut dapat mempermudah pemilik Tesla Model 3 saat mencari mobilnya di lahan parkir.

Berkat fitur Summon pemilik Model 3 dapat memanggil mobilnya melalui aplikasi di smarthphone. Nah, secara otomatis mobil menghampiri Anda, mirip binatang peliharaan yang nurut dengan majikannya.

Melansir dari beberapa media luar, hanya negara-negara tertentu saja yang mendapatkan pembaharuan fitur tersebut. Teknologi canggih itu bekerja meaui radar dan kamera, seperti fitur auto pilot miliknya.


© Disediakan oleh PT VIVA MEDIA Baru

Sementara Tesla Model 3 yang baru saja diluncurkan Prestige Image Motorcars tidak mendapatkan fitur canggih tersebut. Karena ada beberapa alasan, namun importir umum itu berjanji akan membawanya ke Tanah Air.

“Ke depannya kami akan hadirkan fitur Summon, jadi mobil akan mengikuti pemiliknya. Jadi mobilnya akan datang ke kita, semoga kita dikasih akses untuk fitur itu,” ujar Presiden Direktur Prestige Image Motorcars, Rudy Salim di Jakarta, Sabtu 31 Agustus 2019.

Di dalam negeri, Tesla Model 3 dihadirkan dalam tiga varian, yakni Standar Range, Long Range dan Performance. Sama seperti negara lainnya, mobil ramag lingkungan itu juga dibekali fitur auto pilot dana auto parking.

“Mobil ini bisa jalan sendiri dan setir akan berbelok mengikuti marka jalan, kalau tidak ada marka jalan dia akan mengerem. Dengan auto parking mobil ini dapat menyesuaikan posisi parkir, hanya tinggal injak gas,” tutur Rudy.


© Disediakan oleh PT VIVA MEDIA Baru

Terkait kapasitas baterai, setiap varian berbeda-beda begitu juga dengan tenaganya. Untuk tipe Standar Range dalam keadaan baterai penuh jarak tempuh 409 kilometer, dan tenaganya 283 daya kuda dengan kecepatan maksimal 225 km per-jam.

Untuk mengajaknya berlari dari diam hingga 100 km/jam butuh waktu 5,3 detik. Sedangkan tipe Long Range jarak tempuhnya 560 km, mampu menyemburkan tenaga 412 dk. Untuk kecepatan maksimalnya 233 km/jam, dan butuh waktu 4,4 detik dari nol ke 100 km/jam.

Varian tertinggi Mode 3 adalah Performance, dalam keadaan baterai penuh jarak tempuhnya hanya 531 km lebih pendek jangkauannya ketimbang tipe Long Range. Tapi tenaganya mencapai 472 dk, dan kecepatan maksimum 261 km/jam, untuk berlari ke 100km/jam waktunya hanya 3,4 detik.

Mobil listrik racikan Elun Musk itu tidak memiliki kunci. Untuk masuk ke kabin, pemiliknya hanya perlu menempelkan kartu di pilar B lalu pintu terbuka, dan menyalakan mobil tersebut kartu pengganti kunci itu ditap di konsol tengah.

“Para pembeli akan mendapatkan user id dan password untuk bisa masuk ke mobilnya. Untuk melihat data-data mobil, seperti baterai terintergasi di smartphone. Dari aplikasi itu akan memberitahu kapan servis atau perbaikan,” ujar Rudy.

Masih penasaran gimana caranya Tesla Model 3 itu dapat menghampiri pemiliknya tanpa kendali setir, gas atau rem. Berikut video para pemiliknya di luar negeri yang sudah mendapatkan fitur Summon.


Pemutar video dari: YouTube (Kebijakan Privasi)

%d blogger menyukai ini: