24 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Soal Papua, Jokowi Minta Aparat Tindak Tegas Pelaku Anarkisme dan Rasialis

Berita ini diberdayakan untuk kompas.com

Oleh: Krisiandi


© Disediakan oleh PT. Kompas Cyber Media Presiden Joko Widodo memberikan keterangan kepada awak media di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (22/8/2019). Presiden memberikan keterangan soal Papua bahwa situasi saat ini berlangsung normal dan permintaan maaf sudah dilakukan sebagai bentuk saling menghargai antara saudara, sebangsa dan setanah air. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/pd

JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo mengaku sudah menginstruksikan jajaran aparat keamanan untuk menindak tegas pelaku tindakan anarkisme di Papua.

Begitu juga pelaku tindakan rasialis ke Mahasiswa Papua yang terjadi sebelumnya juga harus ditindak tegas secara hukum.

“Tadi malam saya perintahkan ke Menkolpulhukam bersama Kapolri, Kepala BIN, dan Panglima TNI, untuk mengambil tindakan tegas terhadap siapapun yang melanggar hukum dan pelaku tindakan anarkis serta rasialis,” kata Jokowi di Purworejo, sebagaimana disiarkan langsung akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (29/8/2019) malam.

Hal ini disampaikan Jokowi menanggapi kerusuhan di Jayapura yang terjadi hari ini. Di sela kunjungan kerjanya, Jokowi mengaku terus mengikuti dan memantau situasi terkini di Papua, khususnya di Jayapura.

“Dan saya juga minta masyarakat tenang tidak meakukan tindakan-tindakan yang anarkis,” kata dia.

Jokowi mengingatkan semuanya akan rugi apabila ada fasilitas umum, fasilitas publik, serta fasilitas masyarakat yang sudah dibangun bersama menjadi rusak.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menegaskan bahwa pemerintah akan memajukan Papua, baik lewat pembangunan infrastruktur fisik maupun sumber daya manusia.

“Agar kita semuanya utamanya khususnya mama-mama, pace, mace, anak-anak Papua bisa lebih maju dan lebih sejahtera,” kata dia.

%d blogger menyukai ini: