29 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Tokyo – Timurmerdeka. Gempa berkekuatan 6,2 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah dekat Hokkaido, Jepang. Pusat gempa ini berada di kedalaman 64 kilometer di dasar laut.

Sebagaimana yang dilansir dari Channel News Asia, pada Rabu (24/1/2018) itu, berdasarkan informasi dari Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), pusat gempa berada di lautan, tepatnya di lokasi berjarak 103 kilometer sebelah utara Pulau Honshu. Lokasi itu tidak jauh dari Hokkaido.  Belum ada laporan adanya korban jiwa atau kerusakan akibat gempa ini.

Diketahui belakangan ini, bahwa wilayah Jepang kerap dilanda gempa karena letaknya yang berada di Cincin Api Pasifik. Beberapa waktu terakhir aktivitas disekitar Cincin Api Pasifik mengalami peningkatan.

Sejumlah gempa bumi dan aktivitas vulkanis dilaporkan melanda sejumlah negara yang juga berada di Cincin Api Pasifik. Salah satunya Indonesia yang baru diguncang gempa pada Selasa (23/1), kemarin dan Rabu (24/1) ini.

Sejumlah kawasan di Teluk Alaska yang juga berada di Cincin Api Pasifik, dilanda gempa berkekuatan 7,9 SR pada hari Senin (23/1) waktu setempat.  

Menyimak  Indonesia bagian dari letak “cincin api”, selayaknya harus banyak mempersiapkan diri, sebagaimana hasil deteksi Badan Survey geologi Amerika Serikat itu. (gin/rna/nvc).

%d blogger menyukai ini: