3 Desember 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

BISNIS STARTUP: 5 VENTURE CAPITAL PALING AKTIF DI INDONESIA

BY ANDHIKA WIJAYA KURNIAWAN

Walaupun networking adalah kunci untuk bisa berbisnis dengan modal minim, tapi tidak dipungkiri bahwa kebanyakan Entrepreneur (Pengusaha) membutuhkan dana untuk menjalankan bisnis-nya, apalagi masih dalam kondisi perusahaan baru (startup).

@ Disediakan oleh www.timurmerdeka.com, ANDHIKA WIJAYA KURNIAWAN

Tidak sedikit perusahaan baru yang bergerak di industri digital (digital startup) yang justru berusaha menarik perhatian investor dari luar negeri dengan berbagai jenis business model, agar mendapatkan suntikan dana guna mengembangkan bisnis mereka.

Tidak salah, justru salah satu mempercepat pengembangan bisnis adalah mendapatkan suntikan dana dari investor, tapi bukan berarti menjadi solusi yang utama dalam mengembangkan bisnis. 🙂

Berbicara mengenai dunia pendanaan khususnya di Indonesia, sebenarnya ada banyak Venture Capital (VC) yang aktif memberikan pendanaan bagi startup.

Hanya karena kurang terdengar gaungnya saja, perusahaan-perusahaan tersebut seakan hilang dari peredaran.

Kalau yakin dengan business model yang akan Anda jalankan mampu berkembang dengan cepat dan mampu memberikan income yang menguntungkan bagi investor, maka tidak ada salahnya Anda coba tawarkan kepada beberapa Venture Capital di Indonesia yang sering terlibat aktif dengan investasi startup khususnya di industri digital.

EAST VENTURE

Mungkin bisa dibilang Venture Capital satu ini merupakan perusahaan yang paling sering terlibat pendanaan startup besar di Indonesia.

East Venture yang didirikan oleh Batara Eto, Willson Cuaca, dan Chandra Tjan ini sering menanamkan modal mereka ke berbagai jenis startup.

Tercatat, ada Tokopedia, AppsFoundry, BerryKitchen, Berrybenka, Traveloka, hingga Bilna dan masih banyak lagi startup yang didanai oleh East Venture dengan besaran $100.000 – $21 juta.

IDEOSOURCE

Didirikan oleh Andi S Boediman dan Edward Ismawan Chamdani. Pendanaan Ideosource lebih fokus pada sektor media dan e-commerce.

Beberapa startup seperti eEvent, Female Daily Network, Orori, TouchTen, Saqina, hingga Kark sempat mendapatkan pendanaan dari Venture Capital ini.

Tahapan pendanaan dari Ideosource lebih mengutamakan seed dan seri A.

EMTEK GROUP

Anda mungkin sering mendengar nama Emtek Group di dunia pendanaan Indonesia.

Bernama resmi PT. Elang Mahkota Teknologi, Emtek jadi induk dari beberapa stasiun TV nasional antara lain: SCTV, Indosiar, dan O Channel.

Di samping media, Emtek juga sering memberikan pendanaan ke beberapa startup mulai dari Bukalapak, Bobobobo, hingga Kudo.

REBRIGHT PARTNERS

Venture Capital yang satu ini selalu fokus terhadap startup internet dan mobile di enam negara besar di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Takeshi Ebihara yang jadi investor besar dalam Venture Capital ini.

Kiprah Takeshi sendiri tidak boleh dianggap remeh. Dia pernah bekerja di Batavia Incubator, GMO Venture Partners, hingga Fortune Institute sebelum akhirnya membuat Venture Capital-nya sendiri.

Beberapa investasi terkenal yang dilakukan oleh Rebright Partners antara lain aplikasi pemesanan restoran Qraved, situs perbandingan produk keuangan AturDuit, hingga perusahaan teknologi periklanan Adskom.

GREE VENTURES

GREE tergolong cukup baru untuk masuk di pasaran Indonesia.

Meski demikian, perusahaan Venture Capital asal Jepang yang dimotori oleh Yusuke Amano, Tatsuo Tsutsumi, dan Naoki Aoyagi ini sudah banyak menanamkan modal mereka ke beberapa startup di Indonesia, mulai dari Bukalapak, Berrybenka, hingga Urbanindo.

Tidak hanya menanamkan modal saja, beberapa perusahaan dari GREE Ventures juga membuka layanan mereka di Indonesia, antara lain Luxola (perusahaan kosmetik asal Singapura) hingga PriceArea (situs pembanding harga).

Diatas adalah 5 perusahaan Venture Capital yang ada di Indonesia dan aktif memberikan pendanaan, yang berarti bisa di lihat bahwa perkembangan startup bisnis di Indonesia saat ini semakin berkembang pesat. 🙂

Masih adakah alasan – untuk tidak mulai berbisnis?

%d blogger menyukai ini: