27 September 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Siapa Alpha JWC Ventures, Pendonor Rp 71 Miliar ke Startup Anak Jokowi

Berita ini diberdayakan untuk viva.co.id

Oleh: Lazuardhi Utama

VIVA – Industri startup Indonesia gempar. Sebab, startup minuman tradisional Indonesia Goola baru saja mendapatkan pendanaan perdana yang nilainya fantastis.


© VIVA Pendiri Alpha JWC Ventures, Chandra Tjan (kiri berdiri) dan Jefrey Joe.

Terhitung sejak Jumat, 16 Agustus 2019, Goola resmi menerima donor sebesar US$5 juta (Rp71 miliar) dari firma modal ventura Alpha JWC Ventures.

Goola didirikan oleh putra pertama Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, dan Kevin Susanto pada 17 Agustus 2018.

Produk utama Goola saat ini adalah versi modern dari minuman tradisional yang sudah populer, seperti Es Doger Jeger, Es Kacang Hijau, dan Es Goola Aren.

Goola kini memiliki 22 menu minuman yang terbagi dalam empat seri: Signature (produk unggulan), Tea (teh), Coffee (kopi), dan Refreshing (minuman segar).

Lantas, siapa Alpha JWC Ventures yang berani-beraninya mengucurkan uang ke startup ‘bau kencur’ milik Gibran Rakabuming Raka tersebut?

Mengutip situs resmi www.alphajwc.com dan beberapa sumber lain yang dikelola VIVA, Selasa, 20 Agustus 2019, Alpha JWC Ventures merupakan perusahaan modal ventura yang telah berinvestasi di sekitar 30 startup, termasuk Uang Teman, Kopi Kenangan, Tanihub, Modalku, dan WeWork.

Perusahaan yang fokus berinvestasi pada startup berbasis teknologi di Indonesia ini didirikan oleh Chandra Tjan bersama Jefrey Joe dan Will Ongkowidjaja pada awal 2015.

Awalnya, Alpha JWC mulai berinvestasi dengan modal US$50 juta atau Rp 703,1 miliar. Kini, mereka juga mengelola pendanaan lainnya sebesar US$100 juta atau Rp 1,41 triliun.

%d blogger menyukai ini: