29 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Serangkaian Gempa di Waktu Berdekatan, Cincin Api Telah Aktif?

Washington – Timurmerdeka.com. Serangkaian gempa bumi yang terjadi dibeberapa belahan bumi ini, menunjukkan peningkatan aktivitas gunung berapi terjadi di sejumlah negara. Kesamaannya negara-negara tersebut, terletak pada Cincin Api Pasifik (Ring of Fire).

Lembaga United Nations Secretariat for International Strategy for Disaster Reduction (UNISDR)-lah yang menyebut Ring of Fire, telah aktif kembali belakangan ini.

“Cincin Api Pasifik aktif hari ini”, tulis badan PBB itu melalui akun Twitter mereka Selasa (23/1) seperti di kutip medeia ini, Rabu (24/1/2018). UNISDR merujuk pada gempa-gempa yang terjadi Selasa kemarin.

UNISDR mencatat beberapa aktivitas yang terjadi di Cincin Api Pasifik antara lain erupsi Gunung Mayon di Filipina, erupsi Gunung Kusatsu Shirane dan menyebabkan longsor di Jepang, gempa di Banten yang terasa juga di Jakarta, hingga gempa 7,9 SR yang sempat menimbulkan peringatan tsunami di Alaska.

Maraknya kejadian gempa bumi ini, apalagi terjadi pada waktu yang bersamaan pada Selasa (23/1) kemarin. Ahli geofisika dari USGS William Yeck melalui ABC News menyatakan, tak mungkin kejadian-kejadian tersebut saling terkait. Lebih dari itu, dia juga menegaskan tidak ada aktivitas tak biasa di Ring of Fire.

“Sangat tidak mungkin hal-hal ini terkait,” tegas Yeck.

Mr Yeck juga menjelaskan, di sepanjang Ring of Fire ada 452 gunung berapi atau mencakup lebih dari 80 persen dari gunung berapi yang ada di dunia. Gunung itu disebutkan terus-menerus aktif.

Media ABC News, membeberkan Ring of Fire memiliki panjang 25 ribu mil (sekitar 40.233 km). Ia terbentang mulai Selandia Baru, Indonesia, Filipina, Jepang, kemudian melintasi Kepulauan Aleutian dan menyusuri pesisir Alaska, Kanada, Pantai Barat AS, hingga ujung Amerika Selatan.

Menyinak tentang Lempeng tektonik sepanjang Ring of Fire, terus-menerus melakukan gerakkan, bertabrakan satu sama lain, dan menyebabkan banyaknya gempa terutama diwilayah yang masuk pada “Ring Of Fire”.  (gi/rna/tor).

%d blogger menyukai ini: