6 Juli 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Zetta CM1, Mobil Listrik Murah di Bawah Rp 100 Juta

Berita ini diberdayakan untuk kumparan.com

Oleh : Aditya Pratama Niagara

Mobil listrik jadi bahan perbincangan yang hangat sekarang ini di Indonesia. Frasa tersebut kembali segar pasca Presiden Joko Widodo mengakui sudah teken perpres yang jadi landasan percepatan penggunaan kendaraan setrum di Tanah Air.

Namun banderolnya yang mahal bisa jadi kendala. Sebut saja BMW i3S yang dipasarkan Rp 1,2 miliar. Ataupun Tesla Model X yang sempat diniagakan langsung oleh importir umum dengan banderol Rp 2,6 miliar.


© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network Mobili listrik murah Zeta CM1 Foto: dok. Insideevs

Mobil-mobil di atas Rp 1 miliar itu tentunya tidak ramah bagi masyarakat kebanyakan. Sebenarnya ada Renault Twizy, banderolnya sekitar Rp 140 jutaan, tapi cuma mampu angkut dua orang termasuk pengemudinya.

Coba berandai-andai, adakah mobil listrik berbanderol terjangkau tapi muat angkut minimal 4-penumpang? Jawabannya ternyata ada, hanya saja unitnya ada di Rusia dan masih berupa prototipe bernama Zetta City Module 1 (CM1).


© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network Mobili listrik murah Zeta CM1 Foto: dok. Insideevs

Rencananya bila tidak ada aral melintang, versi produksi massal akan didebut pada November mendatang. Lebih lanjut berdasarkan laporan Insideevs, produksinya dilakukan sebulan berikutnya.

Menariknya, banderol Zetta CM1 akan sangat murah di kisaran 7 ribu dolar Amerika atau sekira Rp 99,4 jutaan.

Bicara tampilan, Zetta CM1 ini rada mirip Smart Fortwo. Tapi versi Rusia ini muat 4-penumpang dengan konfigurasi 2+2 yang artinya baris belakang cuma cukup buat anak kecil.


© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network Mobili listrik murah Zeta CM1 Foto: dok. Insideevs

Meski begitu, versi prototipenya ini jauh lebih menarik ketimbang konsepnya layaknya sebuah bus dalam kartun.

Menyoal dimensi, panjang keseluruhannya mencapai 3.035 mm, lebar 1.600 mm, tinggi 1.600 mm, dan panjang sumbu roda 2.000 mm. Ya bisa dibilang lebih panjang 34 cm dari Smart Fortwo.


© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network Mobili listrik murah Zeta CM1 Foto: dok. Insideevs

Bicara performa, rangka Zetta CM1 menggendong motor listrik yang menjanjikan tenaga sebesar 46 sampai 97 daya kuda (dk) dan torsi maksimum 294 Nm. Daya jelajahnya saat baterai penuh bisa menempuh jarak hingga 200 km.

Sayangnya belum ada detail lebih spesifik lagi soal mobil setrum ini. Namun CEO Zetta, Denis Schurovsky menjamin keamanan motor dan baterai listriknya di segala macam kondisi.

“Motor listriknya sudah diuji ampuh menahan tekanan baik di musim panas maupun dingin. Tahan terhadap bahan kimia, debu, air, dan sebagainya. Semua roda terhubung ke sistem manajemen tunggal dengan kemampuan terbaik,” katanya.


© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network

Jadi, bagaimana kalau dijual di Indonesia sebagai mobil listrik perkotaan, minat kah?

%d blogger menyukai ini: