19 September 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

5 Buah Biru yang Bisa Menangkal Penyakit

Berita ini diberdayakan untuk kumparan.com

Oleh : Mela Nurhidayati Syamsiyah

Warna pada buah ternyata tak hanya membuatnya jadi menarik untuk dimakan. Di balik warnanya, tersimpan segudang manfaat buah untuk kesehatan.

Demikian pula dengan warna biru pada buah-buahan. Menurut studi yang dipublikasikan Advances in Nutrition, warna biru pada buah-buahan dianggap sebagai warna yang damai dan menenangkan.

Warna tersebut dihasilkan dari antosianin atau sejenis pigmen larut air yang ada di dalam tumbuhan. Tak hanya sekadar warna, beberapa penelitian menyebut bahwa antosianin bisa meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi risiko diabetes, kanker, hingga penyakit lain.


@ Disediakan oleh www. timurmerdeka.com

Jenis buah apa saja yang masuk dalam kelompok ini? Berikut kumparan rangkum lima jenis buah biru dan manfaatnya untuk tubuh:

1. Blueberry


© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network Ilustrasi blueberry Foto: dok.shutterstock

Blueberry dianggap sebagai jenis beri paling sehat di dunia. Ini karena blueberry rendah kalori, tinggi serat dan kaya akan mikronutrien spesial; seperti mangan, vitamin C, dan K.

Tak hanya itu, blueberry juga kaya akan antosianin yang bisa membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Bagi kamu yang punya riwayat penyakit diabetes, buah ini juga bisa dijadikan camilan sehat. Pasalnya, blueberry mengandung kadar gula yang rendah dibanding jenis beri-berian yang lain.

Selain itu, sebuah studi yang dipublikasikan dalam PubMed menyebut bahwa antosianin yang ada di dalam blueberry bisa bantu mencegah penyakit kronis. Seperti penyakit jantung, diabetes tipe-2, kanker, dan Alzheimer.

2. Blackberry


© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network Buah blackberry Foto: Pixabay

Selanjutnya ada blackberry. Buah yang masuk dalam famili Rosaceae ini terkenal dengan rasanya yang pahit dan tajam. Meski begitu, ia dikemas dengan beragam kandungan nutrisi yang kaya.

Menurut sebuah studi, rutin mengkonsumsi blackberry bisa menangkal kanker dan berbagai penyakit jantung. Hal ini karena kandungan vitamin C, A, zat besi, magnesium, kalium, hingga serat yang ada di dalamnya.

Jika kamu sedang diet, konsumsilah buah ini. Pasalnya, blackberry menawarkan sedikit kalori yang berkisar 43 saja.

3. Elderberry


© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network Ilustrasi Elderberry Foto: Elfgradost/Shutterstock

Meski tak sepopuler stroberi, elderberry ternyata dikenal ampuh dalam mengatasi flu dan pilek. Bagi kamu yang belum familier, elderberry adalah tanaman yang berasal dari Eropa, Afrika, dan sebagian Asia. Ia memiliki buah mungil dengan rasa asam dan juga segar.

Selain mengatasi flu dan pilek, elderberry ternyata berkhasiat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena dua kandungan yang ada di dalamnya, yaitu vitamin C dan B6.

Perlu diingat, meski bisa mengatasi flu dan pilek, elderberry tidak boleh dikonsumsi dalam keadaan mentah karena bisa menyebabkan sakit perut.

4. Bilberry


© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network Ilustrasi Bilberry Foto: Shutterstock/Nadezhda Nesterova

Bilberry merupakan buah berwarna biru selanjutnya. Sekilas tampilan buah ini memang mirip seperti blueberry. Hanya saja, bilberry tidak memiliki bentuk mahkota di ujungnya dan memiliki diameter yang lebih kecil –sekitar 5 hingga 8 milimeter.

Menurut data yang dirilis USDA, bilberry (dengan berat 100 gram) menawarkan 42 kalori, 4,9 gram serat, dan vitamin C. Karena kandungan itu, banyak penelitian menyebut bahwa bilberry berkhasiat dalam mengurangi peradangan.

Bahkan studi lain menyebut, mengkonsumsi ekstrak buah bilberry bisa membantu meningkatkan ketajaman penglihatan mata dan mencegah penyakit mata. Seperti degenerasi makula dan katarak.

5. Blackcurrant


© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network Ilustrasi Blackcurrant Foto: Flickr/Jeffrey Linn

Buah yang satu ini memang tak asing di telinga. Biasanya diolah menjadi selai, jus, hingga dalam suplemen makanan.

Blackcurrant konon sangat tinggi vitamin C. Karena kandungan vitamin itulah, blackcurrant digadang-gadang bisa membantu melindungi terhadap kerusakan sel dan penyakit kronis.

Bahkan, beberapa studi menyebut bahwa mengkonsumsi blackcurrant secara rutin bisa menawarkan perlindungan yang signifikan dari penyakit jantung.

Sedangkan studi yang dirilis pada 2017 menyebut bahwa vitamin C yang ada di dalam blackcurrant bisa menyembuhkan luka, meningkatkan sistem kekebalan, hingga memelihara kesehatan kulit, tulang, dan gigi.

%d blogger menyukai ini: