29 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Tanah di Pulau Reklamasi Sepenuhnya Milik Pemprov DKI

Jakarta – Timurmerdeka.com. Lahan yang seluruh tanah hasil reklamasi di Pantai Utara Jakarta itu, adalah milik negara, dipastikan milik Pemprov DKI Jakarta. Hal tersebut merujuk terhadap status Hak Pengelolaan Lahan (HPL) tanah hasil reklamasi. Hal ini ditegaskan jangan sampai ada persepsi yang salah.

“HPL-nya yang telah ada atas Pemprov DKI, ya dasarnya itu, (pulau hasil reklamasi) menjadi milik Pemprov DKI Jakarta. Karena memang keputusan menteri demikian adanya. Pengelolaannya jadi hak milik pemerintah DKI kan”, kata Kepala BPAD Pemprov DKI Achmad Firdaus kepada sejumlah wartawan di Balai Kota Jalan Medan Merdeka Selatan Jakarta Pusat pada Senin (22/1/2018).

Firdaus mengatakan para pengembang reklamasi pantai utara Jakarta itu, hanya berhak atas bangunan yang mereka telah bangun. Itu sesuai dengan sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB) yang telah dipegang oleh para pengembang.

“Iya. Ya kan dia, HGB di atas HPL itu atas nama mereka. Tetapi kalau lahannya itu, memang atas nama Pemerintah Provinsi DKI. Dan memang, pada C dan D, sudah keluar atas nama Pemprov DKI,” terang Firdaus.

Gubernur Provinsi DKI Anies Baswedan, telah menarik dua raperda tentang reklamasi di pantai utara Jakarta itu. Salah satu raperda yang ditarik adalah tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Pantai Utara Jakarta.

Raperda itu, mengatur tentang status pengelolaan lahan hasil reklamasi, termasuk di dalamnya juga mengenai tata letak bangunannya. Sementara Raperda itu saat ini, sedang dikaji ulang oleh Pemerintah Provinsi. (Gin/fj).

%d blogger menyukai ini: