23 September 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Ketahui 6 Tanda Nyata yang Terjadi Saat Gula Darah Tinggi

Mulai dari sering buang air kecil sampai penglihatan buram

Berita ini diberdayakan untuk idntimes.com

Seperti yang sudah banyak diketahui gula darah adalah penyebab terjadinya diabetes, salah satu penyakit paling mematikan di dunia.

Diabetes bisa berkembang bila kadar gula dalam tubuh dibiarkan dalam batas yang tidak normal. Kondisi yang berlebihan seperti ini membuat kita perlu terus berwaspada.

Berikut ini gejala nyata yang terjadi saat gula darah naik atau bertambah tinggi.

1. Sering buang air kecil


unsplash.com/kxvn_lx

Hal ini dapat terjadi karena saat gula darah tinggi ada hasrat untuk terus minum dalam jumlah yang banyak seperti tengah mengalami dehidrasi. Alhasil semakin banyak air yang masuk, maka semakin keras juga ginjal bekerja mengeluarkan urin tambahan yang berakibat pada terhambatnya insulin sehingga membuat gula darah tinggi.

2. Sulit untuk berkonsentrasi


unsplash.com/hermez777

Glukosa dibutuhkan untuk membantu kinerja otak menjadi maksimal. Namun bila kadar glukosa dalam tubuh melebihi ambang batas atau terlalu tinggi maka hal yang terjadi adalah kesulitan untuk berkonsentrasi, karena kadar gula yang berlebihan ini mengganggu fungsi insulin yang seharusnya memasok energi bagi tubuh dan otak.

3. Pemulihan luka jadi melambat


unsplash.com/aggergakker

Pada dasarnya tubuh memiliki daya tahan tubuh dan perlindungan khusus untuk memulihkan luka yang terjadi. Namun hal tersebut tidak bisa berfungsi seperti normal jika kadar gula darahmu terlalu tinggi. Kondisi ini membuat arteri menegang, pembuluh darah menyempit, dan penurunan aliran darah ke seluruh tubuh. Maka dari itu proses penyembuhan luka seperti memar menjadi sangat lambat.

4. Hasrat tinggi untuk tidur siang


unsplash.com/katya

Karena mudah merasa lelah, kebiasaan tidur siang yang tadinya tidak pernah dilakukan bisa secara tiba-tiba muncul ketika kadar gula darah tinggi. Ini membuat penderitanya merasa sangat lelah dan mengantuk. Kerap terbangun di malam hari untuk membuang air kecil juga bisa menjadi penyebab terjadinya kantuk berat di siang hari.

5. Nyeri pada gusi dan gigi


unsplash.com/liaoweimeifang

Dampak dari kadar gula darah yang tinggi bisa berakibat hingga ke bagian gigi dan gusi. Muncul rasa nyeri dan tidak nyaman karena kadar gula darah tinggi dapat menyebabkan produksi air liur yang menurun. Kondisi mulut seperti ini tentu membuat gusi dan gigi menjadi tidak normal sehingga berujung pada rasa nyeri.

6. Terjadi masalah penglihatan


unsplash.com/viniciusamano

Diabetes ternyata juga bisa memengaruhi kesehatan mata. Kadar gula darah yang tinggi dapat menimbulkan kerusakan atau gangguan penglihatan seperti mata kabur. Keadaan seperti ini disebabkan oleh lensa mata yang membengkak, sehingga bila terus dibiarkan dapat berakibat fatal seperti kebutaan.

Gula darah tinggi harus segera ditangani dengan baik sebelum menimbulkan banyak masalah kesehatan. Karena kalau sudah menjadi penyakit bakal lebih susah untuk mengobatinya guys. Oleh karena itu kamu harus peka dengan gejalanya sejak dini guys.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.
Topic:
GULA DARAH

KESEHATAN TUBUH
Febrianti Diah Kusumaningrum
Editorial Team

%d blogger menyukai ini: